Perancangan Video Promosi Wisata Roro Kuning di Kota Nganjuk

Authors

  • Ernawati Ernawati Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Elham Maulana
  • Putri Prabu Utami Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1832

Keywords:

cinematic, objek, perancangan, roro kuning, videografi, wisata.

Abstract

Kabupaten Nganjuk memiliki bentang pesona alam dan objek pariwisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti contoh objek wisata Roro Kuning. Roro Kuning adalah sebuah tempat objek wisata yang berlokasi di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Objek wisata Roro Kuning ini di bagun pada tahun 2005 oleh pemerintah waktu itu karena terdapat potensi sumber alam sebagai objek wisata. Wisata Roro Kuning ini mempunyai prospek ekonomi bagi masyarakat sekitar dan daerah untuk kedepanya. Maka dari itu objek wisara Roro Kuning ini membutuhkan media promosi berupa video yang mudah untuk disampaikan ke wisatawan yang ingin dituju. Pada perancangan ini akan akan mengkaji tempat wisata Roro Kuning dimana lokasi wisata tersebut belum banyak diketahui, selain itu kurangnya peran dari pemerintah daerah belum maksimal dalam mempromosikan objek tersebut. Metode perancangan ini meliputi studi literatur, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai sumber pengumpulan data yang di dapat dari Disparporabud Kabupaten Nganjuk. Pada analisis data  perancangan ini menggunakan analisis SWOT agar sesuai sasaran audience. Bedasarkan masalah yang ada maka terbentuklah simpulan media yang berupa media videografi. Hasil luaran dari perancangan ini yaitu video promosi yang mempresentasikan tentang keindahan wisata Roro Kuning dengan menggunakan teknik sinematik, hasil videografi tersebut sebagai media komunikasi dan promosi yang efektif yang diarahkan ke media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok agar dapat mempersuai target audiens. Sebagai media pendukung akan dibuat pula cover DVD, poster, stand banner, t-shirt, pamvlet, gantungan kunci untuk mempromosikan keindahan wisata alam Roro Kuning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Menejemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, S. (2014). Teknik dasar videografi. Yogyakarta: CV Andi offset.

Purba, A. (2013). Shooting yang benar. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Setiawan, A. (2018). Metodologi Desain. Yogyakarta: arttex.

Septianti. (2020). Katak Anak Panah Beracun Sebagai Sumber Ide Penciptaan. Yogyakarta: Jurnal Corak.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi penelitian DKV. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Ernawati, E., Maulana, E., & Utami, P. P. (2022). Perancangan Video Promosi Wisata Roro Kuning di Kota Nganjuk. DESKOVI : Art and Design Journal, 5(1), 86–93. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1832

Issue

Section

Articles