Tinjauan Visual Kaos Sekali.Co sebagai Media Kampanye Sosial Lingkungan

Authors

  • Moh Cholisatur Rizaq Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Sunarmi Sunarmi Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1763

Keywords:

kaos, ilustrasi, semiotika, kampanye sosial lingkungan

Abstract

Kaos tidak hanya digunakan sebagai pakaian yang melindungi badan. Kaos juga sebagai media komunikasi dengan mengirimkan pesan dan bisa menjadi alat kampanye sosial untuk mengungkapkan keprihatinan tentang perubahan iklim dan masalah lingkungan serius. Brand Kaos Sekali.co menggunakan kaos sebagai media untuk mengkomunikasi kampanye sosial lingkungan. Kaos Sekali.co yang diteliti yaitu kaos “Jurashit Park” Edisi Pengawahutanan dan kaos “Stop Overexploit” untuk membedah makna dan komunikasi yang berada pada visual kaos tersebut. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil analisis terhadap ilustrasi visual kaos dari brand sekali.co yaitu Ilusttrasi visual kaos Sekali.co “Jurashit Park” merupakan sebuah kampanye sosial kritikan terhadap pembangunan wisata Jurassic Park dan dilakukan di Taman Wisata Komodo. Ilustrasi visual kaos Sekali.co “Stop Overexploit” merupakan sebuah kampanye sosial lingkungan kritikan dan kepedulian terkait dengan ekploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya alam sehingga menyebabkan salah satu spesies di dunia yaitu Chinese Paddlefish punah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asin, I. (2020). Design and Sustainable Development: Beyond Aesthetic and Functional Qualities. In L. Scherling & A. DeRosa (Eds.), Ethics in Design and Communication : Critical Perspectives. Bloomsbury Publishing Plc.

Balai Taman Nasional Komodo. (n.d.). Profil Taman Nasional Komodo. Http://Ksdae.Menlhk.Go.Id/Tn/Field/Komodo/#informasi.

Chandler, D. (2022). Semiotics : The Basics (Fourth). Routledge.

Gueterbock, R. (2004). Greenpeace campaign case study — StopEsso. Journal of Consumer Behaviour, 3(3), 265–271. https://doi.org/10.1002/cb.139

Gunadha, R. (2021, August 7). Ditentang UNESCO, Proyek Jurassic Park di Pulau Komodo Tetap Lanjut. Https://Www.Suara.Com/News/2021/08/07/182900/Ditentang-Unesco-Proyek-Jurassic-Park-Di-Pulau-Komodo-Tetap-Lanjut.

Jumanta. (2004). Kaos, Inspirasi Motif Modern & Kata-Kata. Puspa Swara.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi Offset.

Martens. (1862). Psephurus gladius. Https://Www.Fishbase.de/Summary/SpeciesSummary.Php?Id=4513&lang=bahasa.

Pogner, K.-H. (2014). Globalization, Identity, and T-Shirt Communication. In M.-L. Noshch, Z. Feng, & L. Vardarajan (Eds.), Global Textile Encounters. Oxbow Books.

Siti Nur Aeni. (2021, October 19). Komodo Hewan Endemik yang Terancam Punah. Katadata.Co.Id.

Siti Nur Aeni. (2022, January 21). Nama-Nama Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi. Katadata.Co.Id.

Widyaningrum, G. L. (2020, January 16). Chinese paddlefish, Salah Satu Ikan Terbesar di Dunia Telah Punah. Https://Nationalgeographic.Grid.Id/Read/131989132/Chinese-Paddlefish-Salah-Satu-Ikan-Terbesar-Di-Dunia-Telah-Punah?Page=all.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Rizaq, M. C., & Sunarmi, S. (2022). Tinjauan Visual Kaos Sekali.Co sebagai Media Kampanye Sosial Lingkungan. DESKOVI : Art and Design Journal, 5(1), 17–22. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1763

Issue

Section

Articles