Kreativitas Pesindhen dalam Memanfaatkan Media Virtual

Authors

  • Titik Samiarsih Pascasarjana ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.1738

Keywords:

kreativitas, pesindhen, media virtual.

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu cara untuk memproduksi, menciptakan kebaruan, menemukan ide yang sebelumnya tidak pernah kita sadari, mengimajinasikan atau menggambarkan sesuatu hal, membentuk, mengkonsepsikan, mengkontruksikan, menghasilkan, melihat masa depan dan lain sebagainya sehingga keberadaannya memiliki makna yang sangat kompleks. Sebuah kreativitas seseorang dipengaruhi oleh tiga hal penting, yaitu goncangan baru, proses kreatif dan produk kreatif. Kreativitas seorang pesindhen akan menunjukkan sebuah keberhasilan jika didukung oleh beberapa persyaratan tersebut. Namun tidak dipungkiri dengan adanya karya baru tersebut akan mendorong generasi berikutnya untuk lebih berani dalam menciptakan sesuatu serta memanfaatkan media virtual sebagai penyaluran kreativitasnya. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan meneliti secara mendalam tentang studi kasus yang dialami oleh ketiga tokoh sindhen yang sudah profesional.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinegoro, K.R.T. Radyo, ”Seminar Sinden Internasional Kadipaten Pakualaman” di Hotel Tentrem, Yogyakarta, 26 Juni 2021.

Aditya, W, Sila ke 6: Kreatif Sampai Mati, Yogyakarta: Bentang, 2015.

Camus, Albert, dll, Seni, Politik, Pemberontakan, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya,1998.

Dewantara, K.H, Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1997.

Poerwadarminta, W. J. S., ”Baoesastra Djawa”, Batavia: J.B. Wolters Uitgevers, 1939.

Rahayu, Sukesi ”Estetika Wangsalandalam Lagu Sindhenan Karawitan Jawa”, dalam GELAR Jurnal Seni Budaya, Volume 16 Nomor 1, bulan Juli tahun 2016.

Suryana, Agus Kiat Membangun Kreativitas dalam 1 Minggu, Jakarta: PROGRES, 2004.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Samiarsih, T. (2022). Kreativitas Pesindhen dalam Memanfaatkan Media Virtual. DESKOVI : Art and Design Journal, 5(2), 113–116. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.1738