Pengembangan Brand Visual Identity untuk Kebun Raya Mangrove Surabaya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.1656

Keywords:

brand value, brand visual identity, design thinking, destination branding, kebun raya, logo

Abstract

Memiliki sebuah Kebun Raya merupakan sebuah kebanggaan bagi sebuah kota, dan Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia baru saja mendapatkan predikat Kebun Raya bagi Hutan mangrovenya. Dengan begitu hutan mangrove tersebut tidak hanya menjadi tujuan wisata alam namun juga berfungsi sebagai wisata belajar, edukasi, konservasi, dan inovasi. Berubahan status ini sekaligus menjadi sebuah peluang untuk Hutan mangrove melakukan proses pembenahan brand image-nya dengan strategi destination branding. Tujuan dari brand destination adalah untuk menciptakan identitas yang bernilai jual dan menarik bagi target market-nya, salah satunya dengan menciptakan brand visual identity atau lebih dikenal dengan logo. Agar Kebun Raya Mangrove memiliki logo yang representative maka diperlukan proses penggalian data terhadap stakeholder-nya, dan melalui proses desain thinking kemudian diolah menjadi desain logo, logo yang dihasilkan ini kemudian divalidasi melalui proses polling untuk menemukan logo yang paling disukai oleh konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Christian Anggrianto, Universitas Ciputra

Head of Visual Communication Design

Universitas Ciputra

References

Airey, D. (2011). Logo Design Love. Simon & Schuster.

Almeyda-Ibáñez, M. (2020, March 31). The evolution of destination branding: A review of branding literature in tourism. SSOAR. https://www.ssoar.info/ssoar/handle/document/67084

Altstiel, T., Grow, J., & Jennings, M. (2018). Advertising creative: strategy, copy, design. Los Angeles: SAGE Publications.

Asian Development Bank. (2020, December 29). Domestic Tourism in Southeast Asia: Opportunities and Pathways. https://www.adb.org/news/op-ed/domestic-tourism-southeast-asia-opportunities-and-path ways-matthias-helble-and-jaeyeon

Boyd, L. (2014). Brand famous: how to get everyone talking about your business. Capstone Publishing Limited (A Wiley Company).

Chitty, W., Luck, E., Barker, N., Sassenberg, A.-M., Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2018). Integrated marketing communications. Southbank, Victoria: Cengage.

Deloitte SouthEast Asia. (2021). Deloitte Consumer Insights | Adapting to the new normal in Indonesia. https://www2.deloitte.com/sg/en/pages/consumer-business/articles/consumer-insights-id- 2021.html

Gremillion, A. S. (2019, October 31). How color impacts emotions and behaviors. Retrieved from https://99designs.com/blog/tips/how-color-impacts-emotions-and-behaviors/. Hernandez-Fernandez, A., & Lewis, M. C. (2019). Brand authenticity leads to perceived value and brand trust. European Journal of Management and Business Economics. doi: 10.1108/ejmbe-10-2017-0027

Human-Centered Design for Social Impact: Case Studies of Ideo.Org and the International Development Design Summit - ProQuest. (2016). Proquest. https://www.proquest.com/openview/22f89542d081f46c9c057a4f2bc0e831/1?pq-origsite =gscholar&cbl=18750

Iswanto, R., & Saniscara, P. (2017). Utilizing Instagram Social Media for Photo Corner Promotional Services in Surabaya. VCD, 2(1), 1–9.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2021, August 18). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. Kemenparekraf. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Boston: Pearson.

Neurosensum. (2021). Consumer Trends 2021. https://workdrive.zohopublic.in/file/hz1bf104edaf50fc345d1a0d272c376dcfa21

Opara, E., & Cantwell, J. (2014). Best Practices for Graphic Designers, Color Works: Right Ways of Applying Color in Branding, Wayfinding, Information Design, Digital Environments and Pretty Much Everywhere Else. Rockport Publishers.

People and Organizations. (2007). Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=42uCaj1fgpcC&oi=fnd&pg=PR7&dq= human+centered+design&ots=9-kEij-dtY&sig=xU6KW-Y9h1vv_eVn27ByB0wmghk&r edir_esc=y#v=onepage&q=human%20centered%20design&f=false

Passini, R. (1996). Wayfinding design: logic, application and some thoughts on universality. Design Studies, 17(3), 319–331. https://doi.org/10.1016/0142-694x(96)00001-4

Vanden-Eynden, C. C. A. D. (2021). A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems Signage and Wayfinding Design (Hardback) - Common. Wiley.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Anggrianto, C. (2022). Pengembangan Brand Visual Identity untuk Kebun Raya Mangrove Surabaya. DESKOVI : Art and Design Journal, 5(2), 109–112. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.1656