ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE PADA COVER MAJALAH TEMPO 2010

Authors

  • Ernawati Ernawati Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Nada Fatimatus Zulfa Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.16465

Keywords:

Majalah Tempo, Semiotika Charless Sanders Pierce, Interpretasi

Abstract

Majalah Tempo adalah sebuah majalah politik yang kerap membahas dan mengkritik kasus-kasus politik di Indonesia, gaya covernya yang terkenal berani dan sarkas bahkan memiliki pendirian tidak membela siapapun dan tidak berdiri pada pihak manapun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menarik sebuah interpretasi berdasarkan data dan juga fakta, sehingga argumen yang dihasilkan menjadi mutlak karena faktor adanya data, bukan karena penilaian secara subjektif. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Shanders Pierce. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Analisis yang digunakan meliputi pengumpulan data, membaca keseluruhan data, dan mengelompokkan data berdasarkan ikon, indeks, dan simbol. Selanjutnya dilakukan interpretasi dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu ilustrasi yang menggambarkan kritik terhadap masa pemerintahan SBY, yaitu meliputi; 1) majalah tempo periode 2010 ini banyak membahas tentang penyelewengan dana pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 2) penyelewengan dana Bank Century yang banyak mencatat banyak sekali korban yang terlibat, 3) diberikannya hak-hak serta fasilitas istimewa tersangka korupsi didalam penjara, dan 4) kasus jual beli hukum di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ernawati Ernawati, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

References

Asriningsari, A., & Umaya, N. (2010). Semiotika Teori dan Aplikasi pada Karya Sastra. UPGRIS PRESS.

Barnhart, C. L., Barnhart, R. K., & International, W. B.-C. (1982). The World Book Dictionary (Issue v. 2). Published exclusively for World Book-Childcraft International.

Budiman, K. (2011). Semiotika visual: konsep, isu, dan problem ikonisitas. Jalasutra.

Ernawati, 2019. Studi, P., Komunikasi, D., & Teknik, F. (2019). ANALISIS TANDA PADA KARYA. 2, 27–34.

Gumelar. 2010. Art & Design Principles. (n.d.). Lulu.com.

Hoed, B. H. (2011). Semiotik & dinamika sosial budaya: Ferdinand de Saussure, Roland Barthes, Julia Kristeva, Jacques Derrida, Charles Sanders Peirce, Marcel Danesi & Paul Perron, dll. Komunitas Bambu

Maharsi, I. (n.d.). Ilustrasi. Dwi - Quantum.

Manik, T. S. (2018). Narasi Dalam Nalar Demokrasi + Tips Menulis Artikel di Media Massa. GUEPEDIA

Nadie, L., Nurdiarsih, F., & Perajaka, M. A. (2019). MEDIA MASSA DAN PASAR MODAL: Strategi Komunikasi bagi Perusahaan Go Public. Pustaka Kaji.

Putra, A. M. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA GAMBAR ILUSTRASI “JOKOWI PINOKIO” Pada Cover Majalah Tempo Edisi “JANJI TINGGAL JANJI”. Fisip Unpas.

Siswani, Yoyok. 2006. Seni Budaya 2. (n.d.). Yudhistira Ghalia Indonesia.

Sudarso SP. (1990). Tinjauan seni : sebuah pengantar untuk apresiasi seni. Saku Dayar Sana.

www.tempo.co/about (diakses pada tanggal 20 Januari, pukul 00:21 WIB

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Ernawati, E., & Zulfa, N. F. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE PADA COVER MAJALAH TEMPO 2010. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(2). https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.16465