Redesign Kemasan Produk Herbamie Sebagai Strategi Branding

Authors

  • Sulis Tiyaningsih Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Moh Cholisatur Rizaq Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Pancanto Kuat Prabowo Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16410

Keywords:

Desain, Herbamie, Kemasan, Media, Perancangan, Redesign

Abstract

Herbamie merupakan brand makanan instan sehat yaitu mi ayam pangsit kering herbal yang dimiliki oleh Ibu Widodo Ayuningsih yang berdiri pada bulan Agustus 2022. Ditemukan adanya suatu masalah yang ada dalam produk Herbamie ini yaitu bentuk dan desain kemasan yang kurang mempunyai ciri khas pada produk Herbamie ini dikarenakan warna dan bentuk kemasan yang dinilai kurang sesuai dengan karakter produk. Metode perancangan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tahapan observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi, kemudian menggunakan analisis SWOT dengan tujuan untuk mengetahui kelebihan (Strength), kekurangan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) yang dimiliki oleh produk Herbamie sebagai upaya perbandingan dengan pesaing. Perancangan redesign kemasan produk Herbamie ini menggunakan metode design thinking. Proses mekanika digital dalam proses perancangan redesign kemasan Herbamie yaitu tahap sketsa, desain, dan mockup. Hasil dari perancangan redesign ini adalah kemasan baru dengan visual desain yang menarik dengan citra produk yang menggambarkan produk mi herbal, menggunakan warna yang cerah serta logo Herbamie dan maskot mangkok mi. Media utama yang digunakan yaitu kemasan primer, sekunder, dan tersier . Media pendukung perancangan ini berupa alat makan atau dapur yaitu mangkok, sumpit, botol saus, wadah bumbu, apron, totebag, tumblr atau botol minum. Media pemasaran dalam perancangan ini yaitu poster, x banner, kartu nama, dan website.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John W. 2014. RESEARCH DESIGN, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Atau RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kelley, David, and Tim Brown. 2018. An Introduction to Design Thinking. Standford: Institut of Design at Standford.

Klimchuk, Marianne Rosner, and Sandra A. Krasovec. 2013. Packaging Design: Successful Product Branding From Concept to Shelf. 2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sitorus, Sunday Ade, Nada Arina Romli, Chairul Pua Tingga, and Ni Putu Sukanteri. 2022. BRAND MARKETING: THE ART OF BRANDING. edited by A. Sudirman. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Swasty, Wirania. 2016. BRANDING. edited by Nita. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Tiyaningsih, S., Rizaq, M. C., & Prabowo, P. K. (2023). Redesign Kemasan Produk Herbamie Sebagai Strategi Branding. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(2), 195–205. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16410