Upacara Pernikahan Malam Tari Inai Masyarakat Melayu Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi

Analisis Struktur Gerak Tari Inai

Authors

  • Novita Hidayani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Rosa Rosida

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16405

Keywords:

Tari Inai, Upacara Malam, Tari Inai Masyarakat Melayu, Struktur Gerak

Abstract

Cerita tokoh perjuangan Melayu Timur disebut masyarakat sebagai pendekar, berdasarkan hal tersebut diwujudkan ke dalam ide garapan Tari Inai yang diimplementasikan pada upacara pernikahan Malam Tari Inai. Dengan struktur gerak yang sederhana serta dipertunjukan secara individu oleh masing-masing penari yang menggambarkan pendekar Melayu Timur laki-laki dan perempuan. Setiap penari memerankan pendekar dengan gerak yang berbeda-beda sesuai karakteristik penari perankan yaitu gerak penari Pendekar Hang Tua, Pendekar Hang Jebar, Hang Kastu, Hang Leyu, Dan Pendekar Kandang Setia, Putri Zubaidah, Putri Pinang Masak, Putri Intan Berbudi, Putri Intan Terpilih, dan Putri Begubang. Semua penari menggunakan property kembang lilin yang menggambarkan upacara pada malam tersebut yaitu malam pemasangan inai pengantin perempuan dan laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, partisipan observasi, dan analisis data. Teori yang digunakan dalam menganalisis setiap bagian-bagian gerak Tari Inai yaitu teori struktural. Struktur merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial masyarakat. Sebab struktur sebagai tata hubung untuk mencapai tujuan dalam sebuah acara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Novita Hidayani, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Seni Pertunjukan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, Bireuen Aceh, Indonesia

References

Daryusti. 2001. Kajian Tari dari Berbagai Segi. Bukit Tinggi : Pustaka Indonesia.

Hasnah Sy. 2010. Pengetahuan Tari. Padang Panjang : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Mahdi Bahar. 2012. Islam Landasan Ideal Kebudayaan Melayu. Padang Panjang : ISI Padang Panjang.

Moleong. J Lexy. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rospadakarya.

R.L. Sasmintamardawa dan Pamong. S.M.K.I Yogyakarta. 1983. Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: bagian proyek peningkatan sekolah menengah karawitan indonesia yogyakarta.

Soedarsono.1977. Tari Tari Indonesia. Jakarta : Proyek Pengembangan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Dapertemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sumandiyo Hadi. 2005. Sosiologi Tari. Yogyakarta : Penerbit Pustaka.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hidayani, N., & Rosida, R. (2023). Upacara Pernikahan Malam Tari Inai Masyarakat Melayu Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi : Analisis Struktur Gerak Tari Inai. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(2), 123–135. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16405