Pengembangan Media Pembelajaran Musik Keroncong Berbasis Android Untuk Siswa SMK Kelas XI

Authors

  • Achmad Oktabrian Mahandra Pascasarjana Pendidikan Seni Budaya Universitas Negeri Surabaya, Surabaya Indonesia
  • I Nengah Mariasa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16272

Keywords:

Pengembangan, Aplikasi Android, Pembelajaran, Musik Keroncong

Abstract

Aplikasi Android untuk pembelajaran musik keroncong di sekolah dapat mendorong kemandirian belajar dan minat siswa, serta dapat memudahkan pemahaman materi, dan praktik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Aplikasi Kromo sebagai media pembelajaran musik keroncong dengan menggunakan model Four-D Thiagarajan yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap pengembangan mencakup proses pembuatan Aplikasi Kromo, evaluasi kualitas produk oleh ahli musik keroncong dan ahli media, serta penilaian kualitas pengguna berdasarkan respon guru dan siswa dari uji coba. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa Aplikasi Kromo efektif dan praktis dengan tingkat keberhasilan sekitar 87% dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami musik keroncong. Ini berarti Aplikasi Kromo yang dikembangkan telah berhasil menjadi sebuah produk yang berkualitas, efektif, dan praktis dalam mendukung pembelajaran musik keroncong sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harmunah. 1987. Musik Keroncong. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Dewantara, Ki Hajar. 1994. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian II: Kebudayaan, Offset Taman Siswa: Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, rivai. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; Sinar Baru Algesindo.

Citraningsih, Diningrum., Wiranata, Ricky. 2022. Analisis SWOT Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Dasar. Humanika, 22(1), 21-40.

Harjono, Hary. 2018. Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.

Maharani, Ainur. 2020. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Musik Yogyakarta. Tesis. Universitas Hasanuddin.

Pranoto, Henry., Septiani, Christy. 2021. Buku Panduan Guru: Seni Musik. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dirman dan Juarsih Cicih. 2014. Karakteristik Siswa dalam rangka implementasi Standar proses pendidikan siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bahri, S. (2021). Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 16–28.

Inayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Educatio, 2(2022), 295-297.

Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiastuti, D. 2022. Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran-Kajian Akademik. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sigit, Safii. 2016. Buku Guru: Keroncong. Surabaya: Mandiri.

Sigit, Safii. 2016. Buku Siswa: Keroncong. Surabaya: Mandiri.

Soeharto, AH. 1996. Serba-Serbi Keroncong. Jakarta: Musika.

Gunawan, Vincentius., Karliani, Eli., Triyani,. Saefulloh, Ahmad. 2021.

Desain Fitur Aplikasi E-Learning Penunjang Pembelajaran Berbasis Android. Jepin: Jurnal Edukasi & Penelitian Informatika, 7(3), 314-321.

Waworundeng, Jacquline., Tampanguma, Deddy., Iksan. 2018. Desain Aplikasi Pembelajaran Tarian Legu Salai Berbasis Android. Proceeding Seminar Nasional Sensitek, 12 Juli, 379-384.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Mahandra, A. O., & Mariasa, I. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Keroncong Berbasis Android Untuk Siswa SMK Kelas XI. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(2), 154–167. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16272