KUALITAS LAYANAN STUDIO MUSIK VOZ DI PAKUALAMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Fatikha Yulianisa Pascaasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1564

Keywords:

kepuasan pelanggan, kualitas layanan, studio musik

Abstract

Kualitas layanan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan bersedia untuk menggunakan layanan kembali, bahkan merekomendasikannya pada orang lain. Meningkatkan kualitas layanan tentu dapat meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan terhadap layanan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan studio musik voz yang hasilnya ditindaklanjuti sebagai pertimbangan peningkatan kualitas layanan dalam rangka mengembangkan usaha dan menjaga kesetiaan pelanggan studio musik voz. Penelitian ini melakukan survei terhadap 40 orang penyewa studio musik voz berusia 15 tahun atau lebih dengan frekuensi kunjungan minimal 3 kali dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Penelitian ini merekomendasikan: (1) mengadakan evaluasi kerja karyawan secara berkala sembari berlibur agar dapat men-charge kembali semangat karyawan dan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, (2) mengikutsertakan karyawan pada training/workshop terkait layanan studio musik voz, (3) meningkatkan kemudahan transaksi secara online seperti ovo dan gopay atau platform transaksi online lainnya, sehingga transaksi tercatat secara otomatis dan meningkatkan rasa aman pelanggan ketika bertransaksi, (4) menambah software mesin kasir dalam gadget agar pembayaran dapat terdokumentasi secara rapi dan jelas sehingga meningkatkan rasa aman pada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Parasuraman, A.; Zeithaml, V.A.; Berry, L.L. Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. J. Retail. 1988, 64, 12.

Midor, K., & Ku?era, M. (2018). Improving the Service with the Servqual Method. Management Systems in Production Engineering, 26(1), 60–65.

Nuridin, S. M. (2018). Effect of service quality and quality of products to customer loyalty with customer satisfaction as intervening variable in PT. nano coating Indonesia. International Journal of Business and Applied Social Science, 4(1), 19-31.

Shafiq, A., Mostafiz, M. I., & Taniguchi, M. (2019). Using SERVQUAL to determine Generation Y’s satisfaction towards hoteling industry in Malaysia. Journal of Tourism Futures, 5(1), 62–74.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Suminar, Ratna. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Hypermarket. Jurnal Sekretari, 4(1), 1-27.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Yulianisa, F. (2021). KUALITAS LAYANAN STUDIO MUSIK VOZ DI PAKUALAMAN YOGYAKARTA. DESKOVI : Art and Design Journal, 4(2), 44–50. https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1564