BRAND IMAGE DAN REPUTASI MELALUI CUSTOMER CAPITAL (STUDI KASUS : PERTUNJUKAN RAMINTEN CABARET YOGYAKARTA)

Authors

  • Dewi Sinta Fajarwati Tata Kelola Seni, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1560

Keywords:

modal intelektual, cabaret, penonton

Abstract

Pelanggan atau pembeli merupakan tolak ukur kesuksesan sebuah produk. Dalam dunia pertunjukan penotonlah yang menjadi kunci utama dalam melihat pertunjukan itu menarik atau biasa saja. Penonton juga menjadi satu penentu faktor penting dalam Modal Intelektual yaitu sebagai Customer Capital Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) cara padang masyarakat terhadap pertunjukan di Raminten Cabaret Show yang melibatkan para kaum Crossgender atau Crossdresser, (2) usaha pengelola untuk dapat menjaga reputasi dalam masyarakat terkait isu LGBT. Metode yang digunakan adalah kulitatif deskriptif dengan pendekatan observasi. Peneliti menemukan bahwa hampir semua kalangan masyarakat menganggap bahwa Raminten Cabaret Show hanya sebatas sebuah pertunjukan seni. Ketertarikan penonton justru karena tata panggung yang megah dan kualitas penampilan impersonate yang sangat bagus. Narasumber yang diwawancara adalah para stake holder internal atau bagaian Manajemen dan penoton yang pernah menyaksikan pertunjukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ali, Nermien (2003) Comprehensive Intellectual Capital Managenment. Canada: John Wiley & Sons,Inc

Marr, Bernard (2005) Perspectives on intellectual capital.Elsevier.USA

Sugiono.(2019).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Ulum, Ihyaul (2017) INTELLECTUAL CAPITAL: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan & Kinerja Organisasi.Malang:UMM Press

Aromi, Yolanda Safriliani F.(2019).Peran Modal Intelektual Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Festival yang Berkelanjutan (Studi Kasus Festival Ngayogjazz). Dalam Jurnal Tata Kelola Seni.

Azmi, Muhamad dan Hary Hermawan,

(2017).Persepsi Wisatawan Terhadap Night Life Atraction. Dalam Jurnal Pariwisata Vol IV no 1.

Jalil, Abdul dan St. Aminah, (2018). Gender Dalam Perspektif Budaya dan Bahasa. Dalam Jurnal Al Makiyah Volume 11

Maimunah, (2012). Fluiditas Antara Maskulinitas dan Femininnitas: Representasi Waria dalam Film Dokumenter dan Fiksi. Diterbitkan Universitas Airlangga

Maneenetr, Thirachaya, dkk (2014). Overview of Entertain Managenet of Tourism Destination: A Case Study of the Lady Boy Cabaret Show market in Phuket,Thailand.

Rochman, Moh Muchibbur, Indah Sri Pinasti (2015). Fenomena Cross-Gender Dalam Raminten 3 Cabaret Show, Mirota Batik, Yogyakarta

Pratama, Muhammad Ihsan (2020) Impresion Management Pelakon Drag Queen di Raminten3 Cabaret Show.

Yusanta, Dita Anggrahinita, dkk, (2019), Fluiditas Maskulinitas dan Femininitas dalam Boyband K-Pop sebagai Produk Industri Budaya. Dalam Jurna Kafa’ah 9 (2)

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Fajarwati, D. S. (2021). BRAND IMAGE DAN REPUTASI MELALUI CUSTOMER CAPITAL (STUDI KASUS : PERTUNJUKAN RAMINTEN CABARET YOGYAKARTA). DESKOVI : Art and Design Journal, 4(2), 7–11. https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1560