Tinjauan Teoretis Mengenai Citra Sebagai Komoditas Identitas : Studi Kasus Fenomena Gerakan Hijrah Kontemporer

Authors

  • Mochamad Ficky Aulia Nusa Putra University

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.14278

Keywords:

Desain Komunikasi Visual, Fenomena, Gerakan Hijrah, Sosial

Abstract

Identitas merupakan serangkaian konsepsi yang selalu hadir sebagai akar bagi seluruh kehidupan umat manusia, baik di skala personal maupun sosial. Perkembangan zaman dan globalisasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara individu mengidentifikasi diri mereka secara sosial dan kultural. Religi memiliki peran penting dalam membentuk identitas kultural suatu masyarakat, termasuk yang terjadi dalam fenomena gerakan ‘Hijrah’, sebagai salah satu dari sekian banyak peristiwa ‘kebermenjadian’ yang dapat dikaji secara berlapis sebagai aspek yang mencerminkan nilai-nilai yang diwariskan secara turun-temurun dalam suatu kelompok sosial. Dalam sudut pandang Desain Komunikasi Visual, realitas ini dapat dibaca melalui irisan keilmuannya, yaitu yang menyoali identitas dalam fokus branding, di mana muatannya dapat terkoneksi pada porsi community branding yang bersinggungan pada konteks brand loyalty. Keterhubungannya ialah melalui upaya pengidentitasan yang berbuah citra dan reputasi, bagaimana bagian spiritual manusia terhubung dengan aneka atribut kosmetik kelompoknya agar dapat mencapai pengakuan sosial. Hal tersebut bekerja secara estafet dan dapat bermuara pada suatu pola komoditas, di mana identitas diekspos sebagai media eksistensi & komunikasi suatu kelompok. Melalui pendekatan observasi non-partisipatif, dengan melakukan kajian teoretis terhadap fenomena Gerakan Hijrah yang melibatkan eksplorasi konsep identitas, agama dan kultur dalam kerangka sosial yang juga bersinggungan dengan sekelumit keilmuan DKV. Tulisan ini berupa argumen kritis yang dibangun atas teori-teori terkait, sedikitnya bertujuan untuk dapat memberikan kontribusi bagi khazanah keilmuan desain dari sisi yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mochamad Ficky Aulia, Nusa Putra University

Pengajar di Universitas Nusa Putra Sukabumi

 

References

Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. The Free Press.

Addini, A. (2019). Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim Sebagai Mode Sosial. Journal of Islamic Civilization, , 1(2), 109–118.

Afif, A. (2015). Teori Identitas Sosial (1st ed.). UII Press.

Amin, K., Noorhaidi, H., Marcoes, L. N., Ni’am, A. S., Wibisono, D., Triana, W., & Rosyidah, I. (2021, February 1). Launching Penelitian PPIM - Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer. Convey Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=X-TBG9Rlk4Q&t=3623s

Amir, S., Bayat, A., Bayoumi, M., Bennani, M., Gazzah, M., Hasan, N., Hecker, pierre, Herrera, L., Janson, M., Khatam, A., Khoury, M., Masquelier, A., Elias, A., Menoret, P., Naafs, S., al-otaibi, A., Sadeghi, F., Saktanber, A., Simone, A., … Swedenburg, T. (2010). Being Young and Muslim - New Cultural Politics in the Global South and North (L. Herrera & A. Bayat, Eds.). Oxford University Press.

Argenti, P. (2010). Komunikasi Korporat (P. Alia & H. Rahayu, Eds.; 5th ed.). Penerbit Salemba Humanika.

Ellemers, N., Kortekaas, P., & Ouwerkerk, J. W. (1999). Self-Categorisation, Commitment to the Group and Group Self-esteem as Related but Distinct Aspects of Social Identity. European Journal of Social Psychology, Free University, Amsterdam, The Netherlands, 29, 371–389. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/(SICI)1099-0992(199903/05)29:2/3<371::AID-EJSP932>3.0.CO;2-U

Fearon, J. D. (1999). What Is Identity (As We Now Use the Word)?

Fearon, J. D. (2020). Tentang Identitas (A. Afif & A. Sumrahadi, Eds.; 1st ed.). Parist Penerbit.

Fukuyama, F. (2020). Identitas - Tuntutan Atas Martabat dan Politik Kebencian (W. Prasetya, E. Saputra, & I. Nurjanah, Eds.). Penerbit Bentang.

Gobe, M. (2005). Emotional Branding - Paradigma Baru Untuk Menghubungkan Merek Dengan Pelanggan (B. Mahendra, W. Kristiaji, & R. Medya, Eds.). Erlangga.

Gusmian, I. (2014). Filsafat Moral Immanuel Kant - Suatu Tinjauan Paradigmatik. Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, Jurusan Tafsi Hadis Dan Akidah Filsafat IAIN Surakarta, 11(2), 57–66. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22515/ajpif.v11i2.1190

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hasbi, D. (2019, May 8). Tren Hijrah Anak Muda: Menjadi Muslim Saja Tidak Cukup. Tirto.Id. https://tirto.id/tren-hijrah-anak-muda-menjadi-muslim-saja-tidak-cukup-ds9k

Hatch, J. M., & Schultz, M. (1997). Relations between organizational culture, identity and image. European Journal of Marketing, MCB University Press, 31(5/6), 356–365. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/eb060636

Hirsch, E. (1992). The Concept of Identity (1st ed.). Oxford University Press.

Kleine, R. E., Kleine, S. S., & Kernan, J. B. (1993). Mundane Consumption and the Self: A Social-Identity Perspective. Journal of Consumer Psychology, 2(3), 209–235. https://doi.org/10.1207/s15327663jcp0203_01

Macmillan, P. (2007). The Brand Glossary (J. Swystun, Ed.). St. Martin’s Press, LLC and of Palgrave Macmillan Ltd. . https://doi.org/10.1057/9780230626409

Meisiek, S., & Hatch, M. J. (2008). This is work, this is play: Artful interventions and identity dynamics. In The SAGE Handbook of New Approaches in Management and Organization (pp. 412–422). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.4135/9781849200394.n70

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (L. Arita & J. B. Soedarmanta, Eds.). Grasindo.

Rustan, S. (2021). Logo 2021 - Mengenal Logo, Identitas, Brand, dan Merek (Vol. 2). CV. Nulisbuku Jendela Dunia.

Syafiq, A. M. (2022, November 14). Fenomena Religiusitas Multimedia. In ECCR#7 (Extension Course of Culture and Religion). Universitas Parahyangan. https://www.youtube.com/watch?v=yHb9Ebafgmw

Yasin, M. (2019). Absurditas Manusia Dalam Pandangan Filsafat Eksistensialisme Albert Camus. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/19688/1/MUH.%20YASIN%20CEH%20NUR.PDF

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Zahara, M. N., Wildan, D., & Komariah, S. (2020). Gerakan Hijrah: Pencarian Identitas untuk Muslim Milenial di Era Digital. IJSED (Indonesian Journal of Sociology, Education, and Developement, 2(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i1.21

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Aulia, M. F. (2023). Tinjauan Teoretis Mengenai Citra Sebagai Komoditas Identitas : Studi Kasus Fenomena Gerakan Hijrah Kontemporer. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.14278