Implementasi Filter Instagram Berbasis Augmented Reality pada Akun @dkvuisi sebagai Sarana Marketing Tools dan Upaya Meningkatkan Brand Image Program studi DKV UISI

Authors

  • Damara Alif Pradipta Universitas Internasional Semen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13109

Keywords:

3d, augmented reality, ar filter, dkv, instagram, teknologi

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial daring yang kerap dimaanfaatkan untuk digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan dan meningkatkan brand image suatu produk. Salah satu fitur Instagram yang kerap digunakan untuk hal tersebut adalah filter berbasis augmented reality (AR Filter). Akun Instagram @dkvuisi merupakan akun milik Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Internasional Semen Indonesia. Akun @dkvuisi merupakan jembatan komunikasi antara prodi dengan mahasiswa DKV UISI, kurangnya media interaksi terhadap akun @dkvuisi dan marketing tools merupakan permasalahan yang saat ini dihadapi prodi DKV UISI. Penelitian ini bertujuan untuk  merancang sebuah media yang dapat menjadi media interaktif dan dapat juga dijadikan sebagai marketing tools prodi DKV UISI. Adapun metode yang di terapkan dalam penelitian ini adalah metode desain double diamond dengan tahap discover, define, design, deliver. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah filter Instagram berbasis augmented reality dengan objek 3D berupa karakter naga yang memiliki terinspirasi dari konsep kreatif “irama ceria bersama sahabat”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baudrillard, J. (1981). Simulacra and Simulation. Ann Arbor: University of Michigan Press.

Decker, Allie. (2022). Instagram Marketing. https://www.hubspot.com/instagram-marketing. Diakses pada 10 Januari 2023 pukul 13:00 WIB.

Fathoni, K., Hakkun, R. Y., & Pamenang, M. U. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Sd Berbasis Augmented Reality. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Teknik Elektro, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6321

Fatmawati, Nurul. (2020). Pengaruh positif dan negatif media sosial terhadap masyarakat. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html. Diakses pada 18 Januari 2023 pukul 21:00 WIB.

Gotter, Ana. (2022). The Beginner’s Guide to Instagram marketing. https://www.shopify.com/blog/instagram-marketing. Diakses pada 17 Januari 2023 pukul 20:00 WIB.

Kemp, Simon. (2022). Digital 2022 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia. Diakses pada 10 Februari 2023 pukul 18:00 WIB.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Norman, D. (2013). The Design of Everyday Things (Revised & Expanded Version). Basic Book.

Noviasri, Rizky. (2023, 25 Januari). Wawancara.

Putra, I Komang Angga Maha. (2020). Perancangan Filter Instagram Berbasis Augmented Reality Dengan Face Mask Spark AR Pada Akun New Media College. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6 (3) 391-398.

Raffaelli, Paul. (2023). 16 Brilliant Benefits of Branded AR Filters [in 2023]. https://www.gloam.io/post/16-brilliant-benefits-of-branded-ar-filters. Diakses pada 22 Januari 2023 pukul 13:45.

Raharja, I. G. M. (2016). DESAIN DENGAN CITRA SIMULASI, SEBUAH INTEGRASI TEKNOLOGI SECARA ESTETIK. http://www.isi-dps.ac.id/wp-content/uploads/2016/04/Artikel_Mugi_CITRA-SIMULASI.pdf

Whitney, Margot. (2021). The Complete Guide to Instagram Filters. https://www.wordstream.com/blog/ws/2020/06/26/instagram-filters#:~:text=What%20is%20an%20Instagram%20filter,Instagram%20has%20created%20for%20you. Diakses pada 2 Januari 2023 pukul 12:30 WIB

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Pradipta, D. A. (2023). Implementasi Filter Instagram Berbasis Augmented Reality pada Akun @dkvuisi sebagai Sarana Marketing Tools dan Upaya Meningkatkan Brand Image Program studi DKV UISI. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 22–30. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13109

Issue

Section

Articles