"Bajambau" Dance Video Creation Process

Authors

  • Riyo Tulus Fernando Program Studi Seni Program Magister Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13108

Keywords:

Bajambau, penciptaan, video tari

Abstract

Bajambau merupakan proses penciptaan karya video tari yang berlandaskan tradisi makan bersama masyarakat Melayu di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang  melaksanakan Bajambau untuk menutup atau membuka berbagai kegiatan atau upacara-upacara tertentu. Misalnya pada setiap Raya Enam atau perayaan hari keenam setelah hari raya Idul Fitri, upacara pernikahan, prosesi membuka ladang pertanian dan sebagainya . Rumusan gagasan dalam karya yang diciptakan ini adalah untuk mengungkapkan kegelisahan,perenungan, permasalahan, etika, kebersamaan, tradisi yang harus dipertahankan yang mana di dalam nya terdapat nilai-nilai perbedaan, pengorbanan, kebersamaan dan rasa persatuan dalam entitas masyarakat Melayu di Kampar yang berbentuk karya video tari. Metode dalam penciptaan video karya tari ini adalah eksperimen, perenungan, dan pembentukan. Proses penciptaan karya tari Bajambau dimulai dengan konsep garap, proses garap dan isi garap. Bajambau mengungkapkan nilai-nilai perbedaan, pengorbanan, kebersamaan, dan rasa persatuan dalam entitas masyarakat Melayu yang di interpretasikan melalui video karya tari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Douglas, Mary. Food in the Social Order: Studies of Food and Social Order, New York: Routledge, 1984.

Douglas, Mary. Implicit Meanings: Selected Essays in Anthropology, New York: Routledge, 2001.

Hafizah, Abdul. “Tradisi Bajambau di Desa Salo Timur, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar”, dalam JOM FISIP, vol. 5, edisi II Juli–Desember, 2018, 1-15.

Hayden, Brian. “Competitive Feasting Before Cultivation?”, dalam jurnal Current Anthropology, vol. 55 No. 2, April 2014, 230.

Hayden, Brian. “Fabulous Feast: A Prolegomenon to the Importance of Feastings” dalam bunga rampai Feast: Archeological and Ethnographic Perspectives on Food, Politics and Power, (Ed) M. Dietler and B. Hayden, Washington: Smithsonian Institution Press, 2005, 20-64.

Martion, Purnama Zusanti, H. Nirwana Murni, Hendra Nasution. “Perkembangan Spirit Lokal Bakureh ke dalam Seni Pertunjukan”, Jurnal Puitika, vol. 13 No. 2, September 2017, 151-161.

Souisa, Nancy Novitra. “Makan Patita, Nilai dan Maknanya dalam Membangun Pendidikan Kristiani yang Kontekstual, desertasi S-3, Salatiga: Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana, 2017.

Suprianto, Eko. Ikat Kait Impusif Sarira Gagasan yang Mewujud Era 1990-2010, (Ed) Renee Sari Wulan, Yogyakarta: Garudhawaca, 2018.

Wessel and Jones, “Reading Religion and Consuming the Past in the Feast of Guadalupe” dalam Anthropology of Food [Online], 5 / May 2006:

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Fernando, R. T. (2023). "Bajambau" Dance Video Creation Process. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13108

Issue

Section

Articles