Joged dhangdut Koplo : Sebagai Akar Penciptaan Karya Koreografi Awak Senggak

Authors

  • Aditiar Anggit Wicaksono Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Dwi Wahyu Diarto

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.10671

Keywords:

Joged, Dhangdut koplo, Penciptaan, Awak Senggak, Koreografi

Abstract

Penelitian ini membahas proses penciptaan karya koreografi baru yang berpijak pada pengalaman empiris dhangdut koplo. Konser dhangdhut koplo menjadi sebuah wadah berekspresi yang direalisasikan secara alamiah oleh para audien dalam menikmati alunan musik untuk mencari/mendapatkan hiburan. Koregrafer mendapatkan pengalaman empiris dari seorang penggiat temon holic, menjelaskan bahwa penikmat dhangdhut koplo bukan dari kalangan terpandang malainkan dari kaum minoritas, kalangan menengah kebawah. Metode kekaryaan pada penelitian ini disarkan pada pendapat S.D Humardani yaitu konsep penggarapan tari tradisi baru berangkat dari keterbatasan akan unsur-unsur bentuk, volume, kecepatan, dan kualitas “gerak tari”. Proses penciptaan pada penelitian ini dimulai dengan tahap persiapan: orientasi, observasi, lalu tahap penggarapan: eksplorasi, dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, Y Sumandiyo. 2003. Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. yogyakarta: Elkaphi.

Hawkins, Alma M. 1990. Mencipta Lewat Tari. yogyakarta: ISI.

Hawkins, Alma M. 2003. Bergerak Menurut Kata Hati: Metoda Baru Dalam Menciptakan Tari. 1st ed. Jakarta: Masyaerakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Rustopo. 2007. “Garap Susunan Tari Tradisi Surakarta (Sebuah Studi Kasus Bedhaya Ela-Ela).” Institut Seni Indonesia Surakarta.

Widyastutiningrum, Sri Rochana, and Dwi Wahyudiarto. 2014. Pengantar Koreografi. surakarta: ISI PRESS.

Widyawati, Setya. 1974. “Pengantar Pengetahuan Tari (Sebuah Studi Pustaka).” surakarta.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Wicaksono, A. A., & Diarto, D. W. (2023). Joged dhangdut Koplo : Sebagai Akar Penciptaan Karya Koreografi Awak Senggak. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 36–41. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.10671

Issue

Section

Articles