Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Tengah Melalui Perancangan Buku Pop Up Bergaya Flat Design

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.10600

Keywords:

Permainan Tradisional, Buku Pop Up, Flat Design

Abstract

Perancangan buku pop up permainan tradisional Jawa Tengah mengacu pada perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Sehingga dikhawatirkan budaya tradisional seperti permainan tradisional sudah semakin kurang diminati dan ditinggalkan terutama oleh generasi muda atau anak – anak. Tujuan dari perancangan ini untuk menciptakan sebuah media yang menarik bagi anak – anak serta untuk meningkatkan rasa untuk lebih mengenal dan memainkan permainan tradisional kembali. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada narasumber yang cukup memahami dalam bidang permainan tradisional Jawa Tengah. Perancangan ilustrasi atau desain untuk buku pop up dikemas dengan menggunakan gaya flat design yang mengacu pada sifat sederhana, mudah dimengerti, dan informatif. Metode perancangan menggunakan metode dari Gustami sedangkan metode promosi menggunakan strategi promosi dari Terence A. Shimp. Penentuan media promosi berdasarkan data yang diperoleh dengan analisa SWOT. Terdapat beberapa alternatif media promosi sebagai media pendukung dari buku pop up yaitu video dengan QR Code, youtube, instagram, poster, x-banner, dan berbagai merchandise. Perancangan ini bertujuan agar mampu menjadi inspirasi untuk mengenal dan melestarikan permainan tradisional dengan menarik dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Tuti. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Vol. 9 No. 1. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Asya Ari, Ilham Musyafa. 2018. Perancangan Pop Up Book And Sound Tembang Dolanan Sebagai Media Pengenalan Alat Musik Gamelan. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Endi Aras, Pemerhati Permainan Tradisional dan Pendiri Gudang Dolanan Indonesia. Dalam talkshow festival bermain anak di aula kementrian pendidikan dan kebudayaan, Sabtu, 9 September 2017. Tempo.Co (Diakses pada 26 Desember 2019).

Fikraturosyida, Vhiki. 2018. Perancangan Ambient Media Sebagai Sarana Promosi Permainan Tradisional Komunitas Anak Bawang Surakarta Vol. 1 No.1. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Jakcson, P. 2014. Cut Fold Techniques for Pop Up Design. London: Laurance King Publishing Ltd.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rustan, Surianto. 2010. Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. 2020. Layout 2020. Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia.

Saragih, S. D. S. 2016. Desain Buku Pop Up Berbasis Permainan Serial Petualangan Dika dan Dita untuk Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual – Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wijaya, A & Gunawan, A. 2016. Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android. Vol. 4 No. 1. STMIK Nusa Mandiri.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Yuni Sera, R., & Handriyotopo, H. (2023). Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Tengah Melalui Perancangan Buku Pop Up Bergaya Flat Design. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.10600

Issue

Section

Articles