Edukasi Protokol Kesehatan Dan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Desa Wringinanom

Authors

  • Shina Aulia Rahman
  • Achmad Affandy
  • Wulidatur Robiah
  • Nurul Masjidah
  • Wahyu Ainur Robbi
  • Tubagus Yasin
  • Tri Maryono
  • Mohammad Isa Bastomi
  • Fauzi Dwi Jayanto
  • Bambang Panji Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v3i01.976

Keywords:

protokol kesehatan, strategi pemasaran digital

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak luas pada beberapa sektor, terutama pada sektor perekonomian. UMKM Ice Tea Malang dan Satay Lok-Lok yang bertempat di Desa Wringinanom Kabupaten Gresik juga merasakan dampak adanya pandemi Covid-19 dengan menurunnya omsetmereka. Selain itu pemahaman mengenai protokol kesehatan dalam era  normal baru masih sangat minim, oleh karena itu tim KKN Gatot Subroto memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, strategi pemasaran digital, branding dan pelatihan pemasaran online untuk  meningkatkan produktivitas serta tetap sehat dalam masa pandemi ini. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pendampingan mitra. Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi dari omset yang didapat setiap hari selama dua minggu. Hasil dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan pemahaman mitra tentang protokol kesehatan, grafik omset mitra terus naik, bertambahnya keterampilan dan inovasi SDM mitra.

References

Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 2(1), 27–46.

World Health Organization. (2006). How to handrub ? How to handwash ?.Geneva: World Health Organization.

Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & ... (2020). Edukasi Protokol Kesehatan dan Strategi Pemasaran Online Melalui Program Kemitraan Masyarakat di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat …, 4(4), 7–9.

Kirigia, J. M., & Muthuri, R. N. D. K. (2020). The fiscal value of human lives lost from coronavirus disease (COVID-19) in China. BMC Research Notes, 13(1), 1–5.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19.Surabaya: K-Media

Sunardi, Nardi. Lesmana, Rosa. Kartono. Rudy. Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1), 75–86.

Suwarni, L., & Octrisyana, K. (2020). Pendampingan dan Peningkatan Kapasitas Kader Relawan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Rasau Jaya Kalimantan Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 249-255.

Tapung, M. M., Regus, M., Payong, M. R., Rahmat, S. T., & Jelahu, F. M. (2020). Bantuan sosial dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat pesisir yang terdampak sosial-ekonomi selama patogenesis Covid-19 di Manggarai. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 12–26.

Velavan, T. P., & Meyer, C. G. (2020). The COVID-19 epidemic. Tropical Medicine and International Health, 25(3), 278–280.

Published

2021-06-27

Issue

Section

Articles