PKM Kerajinan Tangan Dari Bungkus Kopi Di Desa Gilang Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Yunita Nur Afifah
  • Bayu Charisma Putra
  • Ernawati Ernawati

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v4i2.2017

Keywords:

bungkus kopi, diversifikasi produk, digital marketing, labelling product

Abstract

Desa Gilang adalah salah satu kelurahan Gilang di kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo di kenal dengan berbagai kerajinan tangan dan batik khasnya. Salah satu yang menarik adalah kerajinan tangan dari bungkus kopi yang dapat di jadikan berbagai kerajinan seperti: tas, tempat tissue, keranjang, gantungan kunci, dll. Kerajinan dari bungkus kopi ini bermula dari masyarakat sekitar PT. Santos Jaya Abadi yang berada di jalan Raya Gilang mengetahui banyak bungkus kopi yang kurang baik tidak digunakan oleh pabrik sehingga masyarakaat sekitar berinisiatif untuk membuat kerajinan yang mampu mengubah sampah plastik menjadi barang-barang yang memiliki nilai ekonomis.Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah analisis situasi, wawancara, pembuatan solusi dalam permasalahan, pelatihan dan pendampingan mitra (diversifikasi produk, digital marketing, dan labelling product), dan evaluasi kegiatan. Hasil dari pengabdian ini pengrajin lebih mengetahui pentingnya diversifikasi produk agar produk lebih bervariasi, pemanfaatan digital marketing mampu menambah omset mitra karena pemasaran produk semakin luas, labelling productdapat meningkatkan value produk dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan akan kualitas produk yang ada. Sehingga disimpulkan para pengrajin sangat merasakan dampak positif dalam pengabdian ini.

References

Arico, Z., & Jayanthi, S. (2018). Pengolahan limbah plastik menjadi produk kreatif sebagai peningkatan ekonomi masyarakat pesisir. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.

Nadlifatin, R. (2018). Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sendang Dajah. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1).

Nani Sunarni, A. Y., & Hudaya. (2021). PENYULUHAN TERHADAP KELOMPOK PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM UPAYA PEMANFAATAN SAMPAH BUNGKUS KOPI. 2, 37–43.

Nasution, S. R., Rahmalina, D., Sulaksono, B., & Doaly, C. O. (2019). IbM: Pemanfaatan limbah plastik sebagai kerajinan tangan Di Kelurahan Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(2).

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.

Downloads

Published

2022-12-13