Pelatihan MatLab Guna Meningkatkan Kemampuan Komputasi Bagi Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Authors

  • MNH Qomarudin
  • RR Robby
  • R Akbarita

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v4i1.1780

Keywords:

Matlab, Fungsi, Tools

Abstract

Matlab merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan Mathworks dengan bahasa tingkat tinggi dan berguna untuk melakukan komputasi, visualisasi bahkan pemrograman. Jika dibandingkan dengan menggunakan spreadsheets ataupu bahasa pemrograman tradisional, Matlab dapat memudahkan pengguna untuk memperoleh solusi lebih cepat dengan memanfaatkan kemudahan bahasa, tools dan kelengkapan fungsi-fungsi didalamnya. Oleh karena itu, penting kiranya bagi mahasiswa teknik khususnya mahasiswa matematika untuk memahami software Matlab dalam proses pembelajaranya. Sehingga dengan memahami penggunaan dan bagaimana membuat code pada Matlab berdasarkan algoritma yang dinginkan. Sehingga pada kegiatan ini akan diberikan sebuah pelatihan yang memberikan penjelasan ringkas mengenai pemrograman dasar pada Matlab yang dapat dimanfaatkan oleh enginers dan matematikawan untuk membantu segala aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Setiawan, A. (2016). “DIKTAT KULIAH ANALISIS NUMERIK”. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Pembangunan jaya. Tanggerang Selatan.

Muanalifah, Ani. (2016). PEMANFAATAN SOFTWARE MATLAB DALAM PEMBELAJARAN METODE NUMERIK POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR SIMULTAN. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. 3. 17. 10.21580/phen.2013.3.1.172.

Afrianita, R., & Dibyo Laksono, H. (2015). Metode Numerik Dengan Matlab. Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Research guides: MATLAB resources: MATLAB advantages. (1257).

Research Guides at University of Cincinnati. https://guides.libraries.uc.edu/c.php?g=461109&p=3152738

Rani, S. 2013. Modul Pelatihan Pemrograman Matlab. Yogyakarta: Himpasikom UGM

Burden, R. L., & Faires, J. D. (2010). Numerical analysis. Cengage Learning.

Downloads

Published

2022-06-29