Penerapan Tata Kelola Keuangan Untuk Pengembangan Usaha Pada UMKM CV Nilam Food Kelurahan Tambak Sawah Waru

Authors

  • Nikma Yucha
  • Siti Mahmudah
  • Donny Arif
  • R.A Norromadani Yuniati
  • Achmad Fathoni Rodli

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v4i1.1779

Keywords:

Tata Kelola keuangan, UMKM

Abstract

Penerapan tata Kelola keuangan untuk pengembangan usaha UMKM menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pencatatan yang baik dapat memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pelaku usaha dalam pengambilan keputusan yang tepat dan menyelesaikan permasalahan manajemen yang dihadapi.Tujuan pengabdian ini adalah menciptakan UMKM yang memiliki tata Kelola keuangan dan pengembangan usaha secara mandiri dan handal. Diharapkan nantinya pelaku UMKM dapat meningkatkan skillnya dan mengembangkan usaha agar mampu bersaing. Metode pelatihan dengan memberikan pengetahuan tentang tata Kelola membuat laporan keuangan sederhana serta memberikanpendampingancara memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk melalui digital marketing.Dari pendampingan ini diharapkan palaku UMKM dapat menjadi pengusaha yang mandiri dan handal.

References

Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha: Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 225–229.

Kumalasari, L. D. (2017). Problem UKM Dalam Pengembangan Usaha: Studi Pada UKM di Desa Mulyoarjo Lawang Malang. Jurnal Sosial Politik, 3(1), 58. https://doi.org/10.22219/sospol.v3i1.4401

Sugiarti. (2020). penerapan tata kelola keuangan pada pelaku usaha di kelurahan Jimus kecamatan Polanharjo kabupaten klaten. Jurnal Budimas, 02(2), 69–75.

Yucha, N., Arif, D., Mahmudah, S., Ervina, Y., & Yuniati, R. . N. (2021). Penerapan Perilaku Manajemen Keuangan Pada Umkm Desa Ketapanrame. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 03, 7–12.

Downloads

Published

2022-06-29