Pengukuran Kinerja Desa Tanjungan Gresik Dengan Pendekatan Balanced Score Card

Authors

  • Dini Retnowati
  • Gusti Adriansyah
  • Moch. Anshori
  • Ahmad Fatih Fudhla
  • Ika Widya Ardhyani
  • Asri Dwi Puspita
  • Gempur Santoso

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v4i1.1777

Keywords:

kinerja desa, pendekatan Balanced Score Card, desa Tanjungan

Abstract

Metode Balanced Score Card merupakan salah satu metode yang banyak digunakan dalam proses pengukuran kinerja. Salah satu obyek yang dapat diukur adalah kinerja desa. Saat ini, desa Tanjungan yang terletak di kabupaten Gresik masih belum menjalankan seluruh program utama kementerian, hanya menjalankan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Di sisi lain, sumber daya desa masih terbatas dan belum dikelola seluruhnya. Sumber daya aparat desa juga masih minim pengalaman serta belum memiliki kemampuan manajerial yang memadai. Peran serta Perguruan Tinggi sebagai mitra pengabdian masyarakat sangat dibutuhkan dalam memberikan gambaran kinerja desa, utamanya dengan pendekatan metode Balanced Score Card. Dari hasil pengukuran kinerja desa Tanjungan dengan metode ini memberikan gambaran bahwa desa Tanjungan masih menjalankan program desa dengan hasil yang masih belum optimal dikarenakan masih terdapat kelemahan kinerja desa pada aspek-aspek tertentu, yaitu aspek pertumbuhan dan pembelajaran serta aspek masyarakat yang masih kurang. Ini berarti program desa yang ada harus lebih ditingkatkan baik dari sisi kualitas program maupun dari sisi kuantitas program. Ke depannya, program desa Tanjungan diarahkan pada program desa menuju desa unggulan, Dengan proses pendampingan diharapkan desa dan aparatnya dapat menyusun dan mengevaluasi program-program utama kementerian menuju desa Tanjungan yang sejahtera dan mandiri.

References

Anggraini, A. M., Sari, R. M., & Fristiani, N. 2020. Implementasi Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Cendekia Akuntansi, 1(2), 58–70.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Gresik. (n.d.). Desa Tanjungan. Retrieved February 4, 2022, from https://sidesa.gresikkab.go.id/desa-tanjungan/

Gasperz, V. 2017. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Gramedia Pustaka Utama.

Hasanah, N., & Novita. 2019. VILLAGE FUND: A BALANCED SCORECARD APPROACH. Accounting Research Journal of Sutaatmadja, 3(1), 106–129.

Mulyadi. 2014. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personal Berbasis Balanced Scorecard. UPP STIM YKPN-Yogyakarta.

R.H.N, I. 2014. IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD PADA ORGANISASI PUBLIK. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6. https://media.neliti.com/media/publications/74766-ID-implementasi-balanced-scorecard-pada-org.pdf.

Downloads

Published

2022-06-29