Menumbuhkan Perkonomian Masyarakat Melalui Tanaman Hidroponik Di Desa Wonokerto Jombang Jawa Timur

Authors

  • Siska Dwi Trisnawati
  • Siti Uswatun Chasana
  • Sinta Clarisa Febrisari
  • Sovia Wahyu Sulistya
  • Bambang Panji Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v5i2.16394

Keywords:

Hidroponik, Desa Wonokerto, Pemberdayaan masyarakat

Abstract

Dalam pembangunan desa modern, desa diharapkan memiliki kapasitas dan peran aktif, kemandirian serta kemampuan untuk  memenuhi kebutuhannya sesuai dengan kemampuannya. Itu tertulis pada  UU No. 06/2014 dari desa. Tujuan dari program bakti sosial ini adalah dalam rangka pemberdayaan masyarakat Desa Wonokerto Kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang untuk meningkatkan perekonomian desa melalui  budidaya perikanan. Program ini mengembangkan keterampilan akuakultur masyarakat desa Wonokerto. Termasuk memberikan materi informasi hidroponik, alat hidroponik untuk pelatihan  dan budidaya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengajak masyarakat desa Wonokerto untuk memanfaatkan pekarangan disekitarnya untuk menanam sayuran dengan hidroponik sehingga dapat memenuhi keperluan rumah tangga khususnya sayur-sayuran, dan juga bisa menjualnya guna mendapatkan tambahan pendapatan.

References

Budi, A. S., Syafi'i, I., Saputra, R. A., Yustianingsih, R. D., Pradana, M. A. P., Widodo, M. S., & Ningrum, D. A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Penghijauan Guna Meminimalisir Polusi Udara di Dusun Bareng. Among: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Fittriya, N. L., Purnamasari, W., Darno, D., & Ningrum, D. A. (2022). Peningkatan Pengetahuan tentang Perizinan dalam Membuka Usaha di Desa Krembangan, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 123-127.

Jurnal lepa-lepa open. (2021). Pembuatan Hidro ponik Untuk Budi daya Tanamn Sayur-sayuran Sebagai Upaya. Jurnal Universitas Negeri Makasar Vo. 1 Nomor 3, 3.

Kompas.com. (2022). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Budidaya Hidroponik. Bandung: Wildan Miftah.

Mahmudah, S., Arif, D., Yucha, N., Ekasari, R., Ningrum, D. A., & Putri, B. (2022). Pelatihan Sertifikasi Produk Halal Pada UMKM Bebek Ungkep 55 Surabaya. Among: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 27-33.

Roidah, Ida Syamsu. (2014). Pemanfaatan Lahan dengan Menggunakan Sistem. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo Vol. 1.No.2.

YuchaN., ArifD., NingrumD. A., & MahmudahS. (2018). Pelatihan Pencatatan Keuangan sebagai Upaya Meningkatkan Competitive Advantage UMKM di Desawatugolong Kec. Krian Kab. Sidoarjo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2, 612-616. https://doi.org/10.15642/acce.v2i.87

Downloads

Published

2023-12-14