Pemberdayaan Pengrajin Tempe Dusun Clangap Mojokerto Melalui Pelatihan dan Pembuatan Meja Ergonomis

Authors

  • Ariel Julianus Pical

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v5i2.16393

Keywords:

Kedelai, Tempe, UMKM, ergonomis, antropometri

Abstract

Kedelai adalah salah satu jenis bahan pangan yang khas di Indonesia dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Di Indonesia, kedelai sering diolah menjadi berbagai produk, dan salah satu yang populer di kalangan masyarakat adalah tempe. Tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah, termasuk di dusun Clangap Mojokerto. Namun, saat ini produksi tempe masih dilakukan secara sederhana oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan beberapa kendala seperti kurangnya higienitas, ketidak konsistenan kualitas produk, dan masalah dalam pemasaran.Dalam konteks ini, sebuah inisiatif telah dilakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM tempe di dusun Clangap Mojokerto melalui berbagai kegiatan pelatihan. Fokus dari inisiatif ini adalah peningkatan kualitas produk tempe, pemasaran produk, dan perbaikan proses produksi dengan pembuatan meja peragian yang lebih efisien. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa meja peragian yang ergonomis telah membantu mitra UMKM dalam menjalankan proses produksi secara lebih teratur dan menjaga kebersihan dengan lebih baik. Selain itu, pelatihan juga berhasil meningkatkan kualitas produksi tempe dan strategi pemasaran, sehingga produk tempe yang dihasilkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

References

Akbar, K., Jaelani, A., Alambana, B. M., Athuri, S. S., Cahyani, D. W., Arianti, R., Maylani, A., Hasanah, F. A., Riswana, I., & Suwito, M. W. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM DAN PENINGKATAN VALUE ADDED (NILAI TAMBAH) PRODUK TEMPE MELALUI INOVASI OLAHAN TEMPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA KEROYA. Jurnal Wicara Desa, 1(1), 1–11.

Amri, F. (2017). Permasalahan umkm: strategi dan kebijakan. LECTURER REPOSITORY.

Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.

Arjadi, R. dkk. (2007). Langkah-Langkah Strategis Untuk Peningkatan Daya Saing Produk Elektronika. LIPI Press.

Fatmawati, E. (2014). Kenyamanan Tempat Kerja Pustakawan: Perspektif Ergonomi. Int. Ergon. Assoc., Vol, 6, 105–118.

Puspawati, S. W. (2017). Alternatif Pengolahan Limbah Industri Tempe Dengan Kombinasi Metode Filtrasi Dan Fitoremediasi. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH XV 2017.

Septiani, K. (2020). Rancang Bangun Modul Regulasi Dan Pembinaan Pada Aplikasi UMKM Juara (Wira Usaha Jawa Barat) Berbasis Web Menggunakan ReactJS dan NodeJS. Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

Downloads

Published

2023-12-14