Partisipasi Karnaval, Pentas Seni Untuk Kemerdekaan Republik Indonesia Di Desa Warujayeng Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Totok Mardianto
  • Lukman Hakim
  • Manuel Aristo Surbakti

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v5i2.16392

Keywords:

Jiwa Kebangsaan, Kepedulian Sosial

Abstract

Pada suatu perguruan tinggi Negeri ataupun swasta tentu ada yang namanya acara pelaksanaan partisipasi kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa dari suatu perguruan tinggi, dalam hal ini berkolaborasi dengan perangkat kantor Desa Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dan penduduk di wilayah desa tersebut merupakan wujud dalam melaksanakan program dari pihak Kampus, salah satu  pengajaran, kegiatan yang terjun di masyarakat dalam rangka partisipasi dan peran serta kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan kegiatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan untuk bersimpati dan ikut serta dalam menumbuhkan rasa kebangsaan serta patriotisme dalam masing – masing pemuda. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan di luar melalui berpartisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka memeriahkan kegiatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan sangat meriah. Bagi masyarakat, mahasiswa dan pihak desa sudah dijalankan dengan baik. Terbukti antusias saat mereka sudah mulai dilaksanakan karnaval, pentas seni budaya yang sangat menghibur bagi masyarakat semuanya. Kesimpulannya : Dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan jumlah peserta maupun susunan acara yang menarik agar masyarakat bisa mendapatkan hiburan yang gratis dan meriah, sehingga akan menumbuhkan rasa kebangsaan yang tinggi.

References

Emilia, Herlina. "BENTUK & KARAKTER PENGABDIAN MASYARAKAT YANG DIGUNAKANU NIVERSITAS" PKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (2022): 122-130.

https://id.wikipedia.org/wiki/Seni,diakses 7 Sept 2020

Merlin Lenniwati, (2020). Jurnal Emprowerment in the Community, Vol 1 Februari 2020 : 11 – 20

Manab, Abdul (2018), “Entrepreneurial Management“, Jakarta. Mitra Wacana Media.

Noor, I. H. (2010). Riset & pengabdian masyarakat diuniversitas. Jurnal Edukasi& Kultural, 16 Nomor 3

Radian Atho al-Faruqi, Roshidayah, Husnia Najmah, Rosa Nikmatul Fajri, (2020). Jurnal Pengabdian Masyarakat berkelanjutan, Vol 4 No.1 November 2020, 517 – 619

Rahmadianty Alvia, (2019), LimaFaedah Ini Dapat Kamu Peroleh dengan Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Untuk Mahasiswa.

Superadmin, Pentingnya Pengabdian Masyarakat Bagi Mahasiswa, 2018

UU RI No 5 Thn 2017 Mengenai Peningkatan Kulturasi.

Downloads

Published

2023-12-14