Pelatihan Komputer Dasar Terpadu Pengenalan Komputer dan Aplikasi Microsoft Word Bagi Siswa SMP PGRI 2 Jumerto Patrang Jember

Authors

  • Nur Qodariyah Fitriyah
  • Henny Wahyu Sulistyo
  • Zainul Arifin

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v5i2.16390

Keywords:

pelatihan, microsoft office, SMP

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memperkenalkan komputer dan sistem operasi windows kepada para siswa, dan membuat para siswa mengerti tentang penggunaan aplikasi Microsoft Office. Sedangkan sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para Siswa SMP PGRI 2 Patrang kelas VII dan VIII. Metode pelaksanaan secara umum dibagi menjadi 4 tahap, yaitu pengenalan, pemberian materi, praktikum, dan pembuatan tugas besar. Tahap l yaitu materi pengenalan dasar komputer, mengenai apa itu komputer, bagian bagian komputer yang umum, penggunaan komputer, apa itu windows, pengenalan tentang windows, disajikan melalui metode presentasi. Tahap 2 yaitu materi Microsoft Word, meliputi penggunaan Microsoft Word secara umum, membuat dokumen, menyimpan dokumen, mengedit dokumen, disajikan melalui presentasi. Tahap 3 yaitu praktek penerapan dan praktek dari materi yang telah diberikan. Tahap 4 yaitu pembuatan project, adalah materi akhir yang sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk pelatihan, sehingga bisa diukur sejauh mana materi diserap dan dipahami oleh peserta. Project yang dibuat adalah biodata pribadi untuk masing – masing peserta. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini mampu berjalan lancar meskipun hanya tersedia sarana dan prasarana seadanya. Kerjasama dari pihak sekolah juga terjalin dengan baik, dengan diizinkannya pihak panitia untuk menggunakan ruang kelas sebagai tempat pelatihan. Secara umum kegiatan pelatihan seperti yang telah dilakukan memang terbukti mampu meningkatkan ketrampilan para peserta, juga menambah wawasan peserta tentang dunia teknologi informasi, serta kegiatan pelatihan ini menjadi langkah awal untuk pelaksanaan kegiatan kegiatan sejenis di kemudian hari.

References

I. A. Lubin, "Global Forces, Local Needs, and ICT-Supported Innovations in Small Countries and Developing Regions: Overcoming the Misalignment. An Editorial Introduction," in ICT-supported innovations in small countries and developing regions: perspectives and recommendations for international education, Springer, 2018, pp. 3-26.

W. E. Forum, "The global information technology report 2015," World Economic Forum, 2015.

W. B. Group, "ICT for greater development impact: World Bank Group strategy for information and communication technology: 2012–2015," World Bank Group, 2012.

D. DeWitt and N. Alias, "Computers in Education in Developing Countries: Managerial Issues," in Encyclopedia of Education and Information Technologies, Springer, 2019, pp. 1-11.

L. N. Abraham and J. Bariyaa, "Status of Principals’ ICT Usage in Secondary School Administration in Rivers State," African Research Review, pp. 61-71, 2020.

T. A. Bada, L. Oyewusi, O. Ojedokun and A. Adewole, "Uses of Computer and its Relevance to Teaching and Learning in Nigerian Educational System," African Research Review, pp. 519-528, 2010.

Downloads

Published

2023-12-14