PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SEPATU SPECS
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.920Keywords:
Desain produk, harga, kualitas produk, loyalitasAbstract
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti hasil yang didapat pada uji T diperoleh bahwasannya presepsi Desain produk dan kualitas produk berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Dapat dibuktikan dari hasil thitung presepsi desain produk > ttabel yaitu sebesar 4,120 > 1,997 nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dan juga hasil thitung kualitas produk > ttabel yaitu sebesar 3,795 > 1,997 nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hanya harga saja yang berpengaruh positif tapi tidak signifikan secara parsial. Hasil dari uji F didapati nilai fhitung > ftabel yaitu 80,461 > 2,74 nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwasannya secara simultan desain produk, harga dan kualitas produk berpengaruh positif serta signifikan. Sedangkan koefisien determinasi didapatkan dengan nilai 0,785 sehingga dapat dikatakan desain produk, harga dan kualitas produk berkontribusi 78,5 % terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan sisanya 21,5 % diperoleh dari kontribusi variable lainnya yang tidak diikut sertakan oleh peneliti.
References
Ambarwati, Permata, Erina. 2018. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Citra Merek Sebagai Variabel Intervening”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Avita, Haryanto, Resty. 2017. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulagi. Manado.
Eka, Wibisono, Lusiana. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna 4G XL Di Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Fatma, Solikhah, Novia. 2017. “Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lazizaa Chicken & Pizza”. Fakultas Ekonomi Universitas Ma arif Hasyim Latif Sidoarjo.
Fitri, Astuti, Ria. 2018. “Pengaruh Dessain Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.
Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.
Isnawati, Yulina. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Nantyas, Cahyaningrum, Ajeng. 2018. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Indosat Ooredo”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.
Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10), 943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013
NUGROHO, M., HALIK, A., & ARIF, D. (2020). Effect of CAMELS Ratio on Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.
Pratama, Akbar, Reza. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Putra, Cahya, Faisal. 2019. “Analisis Pengukuran Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality Yang Diintegrasikan Dengan Metode Importance Performance Analysis”. Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Sukma, Andhi. 2018. “Pengaruh Barand Image, Brand Awareness Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Internet 3 (Tri) Ada Kartu Prabayar 3 (Tri)”. Universitas Tarumanagar
Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.