PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MINIMARKET
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.919Keywords:
Harga, Kualitas produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu tentang pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di minimarket Annisa Desa Suwaluh Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo dengan mewawancarai sebanyak 60 responden. Sampel di ambil menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini diolah dengan memanfaatkan program SPSS (Stastistical Package for Social Sciences) for windows V.22. Dari hasil penelitian ini diketahui persamaan regresi Y = 0,733 + 0,003X1 + 0,269X2 + 0,548X3. Dari hasil data analisis statistik, indikator-indikator pada penelitian ini di katakan valid dan reliabel. Variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien regresi sebesar 0,548. Sedangkan variabel yang paling kecil mempengaruhi adalah variabel harga dengan koefisien regresi sebesar 0,003. Saran penulis adalah supaya melihat faktor yang paling rendah dari penelitian ini. Agar dapat memperbaiki segala kekurangan dengan memperhatikan variabel dan indikator-indikator yang digunakan yang mungkin dapat mempengaruhi dari hasil penelitian ini.
References
Akdon, dan Ridwan. (2006). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring)
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gugup Kismono. 2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: BPFE.
Istijanto, 2009, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10), 943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013
NUGROHO, M., HALIK, A., & ARIF, D. (2020). Effect of CAMELS Ratio on Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2006, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Terjemahan: Bob Sabran, M.M, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Parasuraman, Et, al., (1988), Zeithmal and Bitner (1996), Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa, Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No I, Hal 55-56.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran (Aplikasi Software SPSS). UMM Press. Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.