ANALISIS’PENGARUH’KUALITAS’PELAYANAN’DAN’KUALITAS PRODUK’TERHADAP KEPUTUSAN’PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.678Keywords:
kualitas pelayanan, kualitas produk, kebutuhan pembeliAbstract
ABSTRAK Penelitian’ini’bertujuan’untuk’menganalisis pengaruh’kualitas’pelayanan’dan kualitas’produk’terhadap’keputusan’pembelian’di’toko pakaian ainun jaya. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen toko pakaian ainun jaya dengan populasi sebesar 140 konsumen. Metode pengambilan sampel yang menggunakan Accidental sampling yaitu konsumen yang secara kebetulan yang bertemu akan dapat digunakan sebagai sampel, yakni 140 konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung kualitas pelayanan sebesar 2,338 > tabel sebesar 1,673 sedangkan nilai thitung pada kualitas produk sebesar 5,411 > sebesar 1,673. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 97,357 Ftabel 2,40 dengan tingkat signifikan 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan kuaitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,780. Artinya, ketiga variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama. ,References
Kotler, 2005.Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Indonesia
Kotler, 2005.Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Indonesia
Kotler, Philip. 2000. Manajemen
Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid
Prenhalindo, Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsipprinsip Pemasaran. Jilid 1 dan
Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lian, Edvantris. 2017, “ Pengaruh
Kualitas Layanan Produk, Dan
Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Surya Maxima
Photography Bandar Lampung “
, Skripsi
M. Rivaldi, 2016, “ Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Toko
Busana Muslim Indah Jaya Kota
Medan “ Jurnal
Nanang, Tasunar. 2006. Kualitas
Pelayanan sebagai Strategi
Menciptakan Kepuasan pada
Pangkalan Pendaratan Ikan (
PPI ) Morodemak. Jurnal Sains
Pemasaran Indonesia, Vol. V,
No. 1 Mei 2006, h. 41-62
Stanton, 2005. Definisi pemasaran,
Alih Bahasa Imam Nurmawan:
Erlangga, Jakarta
Sulastiyono, 2011.Metode keputusan
pembelian: Teori dan praktik.
Jakarta: PT. Salemba Emban
Patria.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.