ANALISIS’PENGARUH’KUALITAS’PELAYANAN’DAN’KUALITAS PRODUK’TERHADAP KEPUTUSAN’PEMBELIAN

Authors

  • Ratna Ekasari
  • Rezki Aulia Pramudita

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.678

Keywords:

kualitas pelayanan, kualitas produk, kebutuhan pembeli

Abstract

ABSTRAK Penelitian’ini’bertujuan’untuk’menganalisis pengaruh’kualitas’pelayanan’dan kualitas’produk’terhadap’keputusan’pembelian’di’toko pakaian ainun jaya. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen toko pakaian ainun jaya dengan populasi sebesar 140 konsumen. Metode pengambilan sampel yang menggunakan Accidental sampling yaitu konsumen yang secara kebetulan yang bertemu akan dapat digunakan sebagai sampel, yakni 140 konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung kualitas pelayanan sebesar 2,338 > tabel sebesar 1,673 sedangkan nilai thitung pada kualitas produk sebesar 5,411 > sebesar 1,673. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 97,357 Ftabel 2,40 dengan tingkat signifikan 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan kuaitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,780. Artinya, ketiga variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama. ,

References

Kotler, 2005.Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Indonesia

Kotler, 2005.Manajemen Pemasaran.

Jakarta: Indonesia

Kotler, Philip. 2000. Manajemen

Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid

Prenhalindo, Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsipprinsip Pemasaran. Jilid 1 dan

Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Lian, Edvantris. 2017, “ Pengaruh

Kualitas Layanan Produk, Dan

Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Surya Maxima

Photography Bandar Lampung “

, Skripsi

M. Rivaldi, 2016, “ Pengaruh Kualitas

Pelayanan, Dan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Toko

Busana Muslim Indah Jaya Kota

Medan “ Jurnal

Nanang, Tasunar. 2006. Kualitas

Pelayanan sebagai Strategi

Menciptakan Kepuasan pada

Pangkalan Pendaratan Ikan (

PPI ) Morodemak. Jurnal Sains

Pemasaran Indonesia, Vol. V,

No. 1 Mei 2006, h. 41-62

Stanton, 2005. Definisi pemasaran,

Alih Bahasa Imam Nurmawan:

Erlangga, Jakarta

Sulastiyono, 2011.Metode keputusan

pembelian: Teori dan praktik.

Jakarta: PT. Salemba Emban

Patria.

Downloads

Published

2020-04-05

Issue

Section

Ecopreneur.12