ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNET
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.677Keywords:
Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelangganAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (4) pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan manajemen Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitug 3,970 > ttabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan citra merek dan kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 17,363 > Ftabel 2,74 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bersama – sama attau simultan variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis dapat memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,437. Artinya ketiga variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 43,7% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 56,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan
References
Ambarwati, Permata, Erina. 2018. “Analisis
Pengaruh Persepsi Harga Dan
Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Dengan
Variabel Citra Merek Sebagai
Variabel Intervening”. Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis
Universitas Diponegoro,
Semarang.
Avita, Haryanto, Resty. 2017. “Strategi
Promosi, Kualitas Produk,
Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada
Restoran Mcdonald’s Manado”.
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Sam Ratulagi.
Manado.
Eka, Wibisono, Lusiana. 2016. “Pengaruh
Kualitas Produk, Kualitas
Layanan Dan Persepsi Harga
Terhadap Kepuasan Pelanggan
Pengguna 4G XL Di
Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta.
Fatma, Solikhah, Novia. 2017. “Pengaruh
Kompensasi, Gaya
Kepemimpinan, Lingkungan
Kerja terhadap Kinerja
Karyawan Lazizaa Chicken &
Pizza”. Fakultas Ekonomi
Universitas Ma arif Hasyim Latif
Sidoarjo.
Fitri, Astuti, Ria. 2018. “Pengaruh Dessain
Produk, Citra Merek, Persepsi
Harga Dan Layanan Purna Jual
Terhadap Keputusan
Pembelian Honda Beat”.
Jurusan Manajemen Bisnis
Syariah Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Surakarta.
Surakarta.
Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis
Pengaruh Harga, Kualitas
Produk, Dan Lokasi Terhadap
Keputusan Pembelian”.
Fakultas Ekonomika Dan Bisnis
Universitas Diponegoro.
Semarang.
Isnawati, Yulina. 2018. “Analisis Pengaruh
Citra Merek, Persepsi Harga
Dan Persepsi Kualitas Produk
Terhadap Keputusan
Pembelian”. Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis
Universitas Diponegoro,
Semarang.
Nantyas, Cahyaningrum, Ajeng. 2018.
“Analisis Pengaruh Persepsi
Harga, Kualitas Produk, Citra
Merek Dan Word Of Mouth
Terhadap Keputusan
Pembelian Kartu Perdana
Indosat Ooredo”. Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis
Universitas Diponegoro.
Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.