PENGARUH KEMASAN HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN CUCI SO KLIN DI KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.674Keywords:
Kemasan, Harga, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
ABSTRAK
Memakai pakaian yang bersih saat dipakai merupakan keinginan setiap orang. Oleh karena itu, untuk pemilihan sabun cuci yang tepat untuk mencuci pakaian sangat mempengaruhi kebersihan, kelembutan dan keharuman pada pakaian. Diantara merek - merek sabun cuci yang beredar di pasar, terdapat merek yang digemari dan dikenal oleh konsumen pada umumnya yaitu sabun cuci So Klin. So Klin memiliki tiga fungsi penting yaitu membersihkan pakaian dari kotoran, menjaga serat pakaian hingga serat terdalam dan menjaga warna pakaian tetap cerah. Berbagai strategi yang dilakukan oleh perusahaan sabun cuci So Klin dengan cara membuat kemasan, harga dan citra merek agar konsumen tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian sabun cuci So Klin di Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan populasi masyarakat umum yang menggunakan sabun cuci So Klin di Kecamatan Sukodono Sidoarjo, dan sampel yang digunakan berdasarkan batasan penelitian adalah masyarakat umum yang menggunakan sabun cuci So Klin di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Sidoarjo sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Metode Purposive Sampling, dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 20.0. Analisis data berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji F, dan uji t. Analisis kualitatif merupakan data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Persamaan regresi dari data-data yang diolah yaitu : Y = 0,258 + 0,214 X1 + 0,215 X2 + 0,588 X3 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui uji F dan uji T, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,518 menunjukkan 51,8% keputusan pembelian sabun cuci So Klin di Kecamatan Sukodono Sidoarjo dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen tersebut, dan sisanya 48,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Kemasan, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian
References
Ghanimata, Fifyanita. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Ferdy Zoel. (2009). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Soto Angkring “Mas Boed” Spesial Ayam Kampung Semarang.
Mochammad, Ali. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Teh Botol Sosro Di Kecamatan Driyorejo Gresik. Skripsi. Sidoarjo: Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Maarif Hasyim Latif.
Nento, Ahmad Zuhdi. (2013). Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Pia Saronde). Jurnal. Gorontalo: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.
Romadhoni, Muhammad. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung :Alfabeta.
Suti, Intan. (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Esia (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Zaini, Ahmad Baihakki. (2013). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). Skripsi . Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ialam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.