ANALISIS PANGSA PASAR DALAM MENINGKATKAN POTENSI KOPERASI INTAKO SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.501Keywords:
Bauran Pemasaran, Pangsa Pasar, PersainganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pangsa pasar di bawah kendali mereka dalam meningkatkan potensi Koperasi Intako Sidoarjo dengan menggunakan perhitungan analisis pangsa pasar produk tas pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara dengan informan pertama yaitu Ketua Koperasi Intako Sidoarjo dan kemudian dengan pesaing Intako untuk mengetahui total penjualan produk tas pada Agustus 2019. Analisis data adalah dengan menghitung total pangsa pasar Koperasi Intako Sidoarjo penjualan produk tas dengan total penjualan industri menggunakan unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan analisis pangsa pasar Koperasi Intako Sidoarjo diperoleh hasil perhitungan sebesar 24,42% dimana hasilnya menunjukkan bahwa Koperasi Intako Sidoarjo memenangkan pangsa pasar yang sangat baik, yaitu data tentang akuisisi pangsa pasar yang telah dilakukan memberikan informasi bahwa dalam kategori tas kulit dan sintetis yang dijual dan dipasarkan diketahui Koperasi Intako Sidoarjo sebagai industri tas yang mendapatkan pangsa pasar terbesar dibandingkan dengan pesaingnya, yang mendapatkan tempat pertama. Hasil ini menunjukkan bahwa Koperasi Intako Sidoarjo dapat meningkatkan potensinya dengan mempertahankan pangsa pasar yang telah dicapai dengan mempertahankan kualitas produk dan layanannya, dan memperluas pangsa pasar dengan melakukan lebih banyak promosi melalui media online untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Pangsa Pasar, Persaingan
References
Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Bisnis
Pemasaran. PT Raja Grafindo.
Cetakan ke-1. Depok.
Bangsa online, 2016, Produk
Tanggulangin tembus pasar Italia,
http://m.bangsaonline.com/berita/27
/produk-intako-tanggulangintembus-pasar-italia-bupati-sidoarjominta-ukm-jaga-kualitas-produk,
(diakses pada November 2016).
Dwiyana, Putra. 2016. Analisis
Perbadingan Strategi Bauran
Pemasaran Smartphone Blackberry
Berdasarkan Siklus Hidup Produk.
Vol 3 No 1.
Fatmarga, Edy, Theresia Militana, dan
Mardiana. 2013. Analisis Pangsa
Pasar Mobil Toyota Avanza di Kutai
Timur. Jurnal Manajemen.
Koinworks.com, 2016, Strategi
Memperluas Pangsa Pasar,
http://koinworks.com/blog/strategime
mperluas-pangsa-pasar, (diakses
pada Agustus 2017)
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi
Penelitian Kualitatif. PT Remaja
Rosdakarya . cetakan ke-36.
Bandung.
My blog Tasya Firliiyana, 2016, Pangsa
Pasar,
http://tasyafirliyana.blogspot.com/20
/08/pangsa-pasar, (diakses pada
tanggal 7 Agustus 2017).
Setyaningrum, Ari, Jusuf Udaya, dan
Efendi. 2015. Prinsip-Prinsip
Pemasaran. Andi Yogyakarta.
Yogyakarta.
Siburian, Frenky Sampetua, Tommy
Parengkuan, dan Joubert Maramis.
Analysis Of Financial
Performance Based On
Telecommunications Industry
Market Share In Indonesia (Case
Study In Telecommunication
Companies Listed In BEI 2011-
. Jurnal Emba. Vol 5 no 2 hal
-474.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Pendidikan. Alfabeta Bandung. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi
Pemasaran. Andi Yogyakarta. Edisi 4.
Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.