STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN KOPI LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.497Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOTAbstract
Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Di Perusahaan Kopi Lokal PT. Berontoseno Kediri. Bertujuan untuk mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan dan Peluang, ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan untuk menemukan strategi pemasaran yang relevan yang digunakan oleh PT. Berontoseno Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian aplikasi strategi pemasaran perusahaan, dengan menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisis strategi SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Weakness), WO (Weakness-Opportunity), WT (Weakness- Ancaman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran PT. Berontoseno Kediri adalah kopi bubuk berkualitas baik, harga produk lebih murah daripada produk pesaing, posisi bisnis yang masih melakukan kegiatan secara mandiri dengan peralatan sederhana, dan juga karena keterbatasan jumlah modal perusahaan. Faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh adalah ketersediaan bahan baku yang memadai, masyarakat perlu minum konsumsi dalam bentuk kopi, persaingan dengan perusahaan sejenis, serta meningkatnya substitusi produk. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan strategi alternatif yang perlu dilakukan oleh PT. Berontoseno Kediri, mengembangkan jaringan pemasaran, meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, memperkuat kerja sama dengan lembaga pemerintah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan, meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan, menetapkan harga untuk menghadapi persaingan, meningkatkan penggunaan teknologi, dan menekan segala kemungkinan biaya kebocoran operasional.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, SWOT
References
David, Aaker. 2013. Manajemen
Pemasaran Strategi. Edisi
kedelapan. Salemba. Empat. Jakarta
Fahmi, Irham. 2013. Pengantar Manajemen
Keuangan. Bandung : Alfabeta
Freddy Rangkuti, 2016, Teknik Membedah
Kasus Bisnis Analisis SWOT, Edisi
Duapuluh. Dua, Cetakan
Keduapuluh Dua, PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.
Bumi Aksara
Kusumadmo, E. 2013. Manajemen
Strategik-Pengetahuan. Yogyakarta,
Indonesia: Cahaya Atma
Kotler, Phillip, dan Gary Armstrong.
Dasar–Dasar Pemasaran,
Terjemahan Drs. Alexander Sindoro.
Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013,
Manajemen Pemasaran, Jilid 1,
Edisi. 13, Erlangga. Jakarta.
_______________. 2016: Marketing
Management, 15th Edition New
Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Siagian, Sodang P. 2014. Manajemen
sumber daya manusia. Jakarta:
Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi
(Mixed Methods). Bandung :
Alfabeta
Sunyoto. Danang. 2014. Konsep Dasar
Riset Pemasaran & Perilaku
Konsumen. Yogyakarta : CAPS.
Suryatama, Erwin. 2014. Analisi SWOT.
Bandung : Kata Pena
Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen
Pemasaran. BPFE: Yogyakarta
Walter, Elizabeth (Ed.). 2013. Cambridge
Advanced Learner's Dictionary Third
Edition. Cambridge: Cambridge
University Press
Widharta, Willy Pratama. 2013.
Penyususnan Strategi dan Sistem
Penjualan dalam Rangka
Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Vol. 2,No. 1:6-7
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.