STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN KOPI LOKAL

Authors

  • Noneng R Sukatmadiredja Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Windy Mella Rosita

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.497

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Di Perusahaan Kopi Lokal PT. Berontoseno Kediri. Bertujuan untuk mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan dan Peluang, ancaman yang dimiliki oleh perusahaan dan untuk menemukan strategi pemasaran yang relevan yang digunakan oleh PT. Berontoseno Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan objek penelitian aplikasi strategi pemasaran perusahaan, dengan menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisis strategi SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Weakness), WO (Weakness-Opportunity), WT (Weakness- Ancaman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan internal yang mempengaruhi strategi pemasaran PT. Berontoseno Kediri adalah kopi bubuk berkualitas baik, harga produk lebih murah daripada produk pesaing, posisi bisnis yang masih melakukan kegiatan secara mandiri dengan peralatan sederhana, dan juga karena keterbatasan jumlah modal perusahaan. Faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh adalah ketersediaan bahan baku yang memadai, masyarakat perlu minum konsumsi dalam bentuk kopi, persaingan dengan perusahaan sejenis, serta meningkatnya substitusi produk. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan strategi alternatif yang perlu dilakukan oleh PT. Berontoseno Kediri, mengembangkan jaringan pemasaran, meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, memperkuat kerja sama dengan lembaga pemerintah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan, meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan, menetapkan harga untuk menghadapi persaingan, meningkatkan penggunaan teknologi, dan menekan segala kemungkinan biaya kebocoran operasional.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, SWOT

References

David, Aaker. 2013. Manajemen

Pemasaran Strategi. Edisi

kedelapan. Salemba. Empat. Jakarta

Fahmi, Irham. 2013. Pengantar Manajemen

Keuangan. Bandung : Alfabeta

Freddy Rangkuti, 2016, Teknik Membedah

Kasus Bisnis Analisis SWOT, Edisi

Duapuluh. Dua, Cetakan

Keduapuluh Dua, PT

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.

Bumi Aksara

Kusumadmo, E. 2013. Manajemen

Strategik-Pengetahuan. Yogyakarta,

Indonesia: Cahaya Atma

Kotler, Phillip, dan Gary Armstrong.

Dasar–Dasar Pemasaran,

Terjemahan Drs. Alexander Sindoro.

Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013,

Manajemen Pemasaran, Jilid 1,

Edisi. 13, Erlangga. Jakarta.

_______________. 2016: Marketing

Management, 15th Edition New

Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Siagian, Sodang P. 2014. Manajemen

sumber daya manusia. Jakarta:

Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi

(Mixed Methods). Bandung :

Alfabeta

Sunyoto. Danang. 2014. Konsep Dasar

Riset Pemasaran & Perilaku

Konsumen. Yogyakarta : CAPS.

Suryatama, Erwin. 2014. Analisi SWOT.

Bandung : Kata Pena

Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen

Pemasaran. BPFE: Yogyakarta

Walter, Elizabeth (Ed.). 2013. Cambridge

Advanced Learner's Dictionary Third

Edition. Cambridge: Cambridge

University Press

Widharta, Willy Pratama. 2013.

Penyususnan Strategi dan Sistem

Penjualan dalam Rangka

Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Vol. 2,No. 1:6-7

Published

2019-12-21

Issue

Section

Ecopreneur.12