PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGGUNAAN TEKNOLOGI, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS COFFEE DI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Evi Wijayanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zulfa Irawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v7i1.16487

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, penggunaan teknologi, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Starbucks Coffee di kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat dari berbagai kalangan yang memutuskan mengapa mereka membeli starbucks coffee yang berada di Surakarta khususnya pada Starbucks coffee yang berada di jalan Selamet Riyadi. Metode pengambilan sampel penelitian ini ialah dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini ialah 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dalam penyusunannya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket atau kuisioner dan wawancara. Responden yang akan dituju oleh peneliti yaitu pelaku usaha starbucks coffee. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Regresi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi keuangan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di starbucks coffee. Penggunaan teknologi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di starbucks coffee. Gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian di starbucks coffee.

Downloads

Published

2024-04-29

Issue

Section

Ecopreneur.12