PENGARUH FASILITAS WISATA, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG PADA WISATA WEGO LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1008Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun secara simultan variabel Fasilitas Wisata (X1), Promosi (X2) dan Harga (X3) terhadap minat wisatawan berkunjung pada Wisata WEGO Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tenik pengambilan sampel mengunakan rumus slovin. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data data yang digunakan Uji Korelasi Berganda, Uji Koefisien Determinasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara parsial yang ditunjukan berdasarkan uji t yang menjelaskan bahwa variabel Fasilitas Wisata (X1), Promosi (X2) dan Harga (X3) berpengaruh secara segnifikan positif terhadap minat wisatawan berkunjung. Terdapat Variabel Fasilitas Wisata, Promosi dan Harga yang pengaruh secara simultan yang ditunjukan dengan nilai F hitung > F tabel berpengaruh secara segnifikan positif terhadap minat wisatwan berkunjung dan diketahui bahwa variabel Harga adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Minat Wisatawan Berkunjung.
Kata Kunci: fasilitas wisata; promosi; harga; minat wisatawan
References
Arif, D., Yucha, N., Rosidi, E., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2019). Sistem Pengendalian Intern Pembelian Spare Part Forklif Oleh Pt . Grogol Sarana Transjaya. 2(1), 21–30.
Halik, A., Arif, D., Ekasari, R., Yucha, N., Aulia, R., Maarif, U., Latif, H., & Java, E. (2020). Economic Impacts of COVID-2019 and its Implications on e- Commerce Buying Interest : A Case Study in Shopee Online-shop. 29(4), 2530–2538.
Pramudita, R. A., & Yucha, N. (2020). Analisis Covid-19 Penghambat Ekspor-Impor dan Bisnis Antara Indonesia dan Cina. Journal Ecopreneur, 3(2), 147–154. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ecopreneur/article/download/794/pdf
Bismark Pasaribu.2010. Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Minat Wisatawan Mancanegara Mengunjungi Objek Wisata Pantai Kuta. Jurnal Ekonomi Nomor 3 Vol. 2. Universitas Indonesia, Jakarta
Darmadi.2013. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbs- TSO Cabang Suotoyo Malang). Jurnal Adminitrasi Bisnis Vol 2 Universitas Brawijaya.
Eko Priyono,. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Strategi Promosi, Atribut Produk, Harga Terhadap Minat Berkunjung Serta Pengaruhnya Terhadap Minat beli (Studi Empiris pada Pameran Computer di Javamall Semaran.
Fitriyani, Eka dan Pramusinto Hengky , 2016. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, Dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal 7
Febrya Tifani, Evazirotul, 2018. Analisis Strategi Promosi Dan Daya Minat Beli Terhadap Konsumen Terhadap Volume Penjualan Pada Cv Aidrat Lamongan. Skripsi Lamongan : Program Pasca Sarjana Universitas Islam Lamongan.
Hafidzi Ahmad mudzakir,.2019. Pengaruh Harga dan Saranan Pariwisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung di Taman Tanjung Pintung Kota Waringen Barat Klalimantan Tengah
Huda, Syamsul dan Jajal Ikhwan,. 2018. Analisis Pelayanan, Fasilitas, Keamanan, Pendapatan, Dan Dampaknya Terhadap Minat Wisatawan Mengunjungi Pantai Berkas Di Bengkulu
Ghozali 1 2016. Aplikasi analisis multivariate IBM SPSS 23, penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Kasmir dan Jaksar ,.2012. Studi kelayakan Bisnis. Edisi revisi. Jakarta : Kencana
Kotler, Philip dan Kevin. L Keller, 2016. Marketing Management. Edisi ke 16 New Jersey: Person.
Kotler, Philip dan Kevin Lane, Koller 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip And Amstrong, Gary 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta, penerbit Erlangga
Kotler,Philip& Gerry Armstrong, 2014. Principle of marketing, 15th edition. New jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Lupiyo Adi. Rambat . 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Selemba empat
Malau Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Moderenisasi Global. Alfabeta. Bandung
Nuraeni, Belinda sofia, 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan museum ranggawarsita semarang. Jurnal bisnis strategi. Vol 23 No 1. Semarang: Universitas Diponegoro
Purwanto, Heri. 2017. Analisis Strategi Penjualan Suku Cadang Dan Pelayanan Jasa Service Motor Bengkel Afan Jaya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Afan Jaya Banjarejo Lamongan. Skripsi. Lamongan:Program Pasca Sarjana Universitas Islam Lamongan.
Sri Andayani, Septa. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga, Dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Kopi Lamongan. Skripsi Lamongan : Program Pasca Sarjana Universitas Islam Lamongan.
Sumarni, murti dan John Suprihanto, 2014. Pengantar Bisnis. Edisi ke-6. Cetakan pertama. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.
Sugiyono,2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabate: Bandung.
Sugioyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit alfabate Bandung
Syah ali, Baginda, (2016) strategi pengembangan fasilitas guna meningkatkan daya tarik minat wisatawan di darajat pass (Waterpark) kecawatan pasar wangi kabupaten garut.
Rangkuti, Fredy. 2014. Analisis SWOT Teknik Pembedaan Kasus Bisnis, PT Gremedia Pustaka Utama, Jakarta.
Tjiptono, Fandy 2014. Pemasaran jasa, Andi: Yogyakarta
Tjiptono, Fandy 2019. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Andi :Yogyakarta.
Yoenti,Oka A. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Ecopreneur.12 Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Ecopreneur.12 Journal.
Ecopreneur.12 has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.