ASPEK DOMINASI DAN NEGOSIASI DALAM KOLABORASI INTERPRETASI MUSIKAL DUET GITAR LIFA DAN GABBY
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.963Keywords:
duet gitar, interpretasi musikal, kolaborasi musikalAbstract
Gitar klasik pada dasarnya merupakan instrumen musik yang dimainkan secara solo. Namun, karena beberapa faktor seperti demam panggung, kurang percaya diri, dan kerumitan repertoarnya membuat beberapa gitaris klasik lebih memilih untuk bermain ensambel dengan format duet gitar. Interpretasi musikal yang digunakan dalam bermain solo dan ensambel berbeda. Di dalam pertunjukan solo, interpretasi musikal biasanya dilakukan secara mandiri atau mendapatkan bimbingan dari gurunya. Namun, di dalam duet gitar terjadi kolaborasi dalam interpretasi musikalnya. Penelitian ini menyoroti pada proses interpretasi musikal duet gitar dari dua orang mahasiswi gitar klasik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Metode penelitian dilakukan dengan pengamatan tidak terlibat terhadap proses berlatih hingga pertunjukan musik dilakukan. Pengamatan juga dilakukan pada dokumen partitur repertoar yang mereka mainkan. Hasilnya adalah terjadi kolaborasi di antara kedua pemain gitar klasik tersebut dan adanya pengaruh dari guru gitar mereka. Kolaborasi yang terjadi adalah adanya dominasi dan negosiasi di antara kedua pemain dan gurunya. Sedangkan dominasi terkuat dalam kasus ini adalah arahan dari gurunya.Downloads
References
Almen, B., & Pearsall, E. (2006). Aproaches to Meaning in Music. Bloomington, IN: Indiana University Press.
Davidson, J. W., & Good, J. M. M. (2002). Social and Musical Co-ordination Between Members of a String Quartet: An Exploratory Study, Psychology of Music, 30, 186-201.
Hansen, J. P. (2001). The Trickter and the Paranormal. Philadelphia, PA: Xlibris.
Holoman, D. K. (2012). The Orhestra: A Very Short Introduction. Madison Avenue, NY: Oxford University Press.
Radice, M. A. (2012). Chamber Music: An Essential History. Ann Arbor, Michigan: The University of Michigan Press.
Slette, L. A. (2018). Negotiating musical problem-solving in ensemble reherseals. B. J. Music Ed. page 1 of 15. Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.