12 PRINSIP ANIMASI PADA GERAK KARAKTER SKELETAL ANIMATION “ACHOO”
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.914Keywords:
12 prinsip animasi, skeletal animationAbstract
Karakter animasi merupakan seni menyajikan dan membuat tokoh tertentu bergerak dan dengan ciri dan karakteristik di layar dalam konteks 2D atau 3D. Hal tersebut menimbulkan kesulitan animator saat bekerja menggambungkan banyak gambar untuk mewujudkan suatu karakter bergerak, berpikir, berperilaku muncul secara konsisten di layar. Skeletal Animation membantu animator untuk memecahkan masalah kerumitan ketika menggerakkan bagian-bagian potongan gambar, mengontrol perubahan bentuk gambar dengan bantuan algoritma komputer yang menunjukkan pose gerak serta mengurangi kebutuhan memori pada komputer terkait kebutuhan untuk menggerakan gambar dalam jumlah yang banyak. Ilusi gerak suatu karakter tokoh tidak hanya menganut aturan hukum dasar fisika, tetapi juga berurusan dengan masalah waktu pengerjaan, reaksi emosional tokoh dan daya tarik karakter yang diatur dalam 12 prinsip dasar animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa evaluasi deskriptif yang diperoleh dari narasumber yang berprofesi sebagai animator senior studio animasi di Batam yang memberikan evaluasi gerak tokoh film animasi pendek berjudul “Achoo” yang menerapkan teknik skeletal animation pada gerak 2 karakter berwujud manusia dan 1 tokoh mikroba yang hidup dan bergerak seperti memiliki kepribadian seorang manusia.Downloads
References
Bancroft, T. (2012). Character Mentor. United States of America: British Library
---------------(2006). Creating Characters With Personality. Watson-Guptill.
Ekström, H. (2013). How Can a Character's Personality be Conveyed Visually, through Shape. Journal of Game Design and Graphics :DiVA.
Ochei, J., Kolhatkar, A. (2000). Medical Laboratory Science: Theory and Practice Paperback. McGraw Hill Education.
Pan, J.(2009). Sketch-Based Skeleton-Driven 2d Animation And Motion Capture. National Centre for Computer Animation Media School, Bournemouth University.
Songu, M., Cingi,C. (2009). Sneeze reflex: facts and fiction. https://doi.org/10.1177/1753465809340571https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1753465809340571
Thalmann, N M., Richard, L, & Daniel, T.(1988). Joint-Dependent Local Deformations for Hand Animation and Object Grasping. Graphics Interface '88.
Williams, R.(2012). The Animator's Survival Kit: A Manual of Methods, Principles and Formulas for Classical, Computer, Games, Stop Motion and Internet Animators. 1st ed. New York, United States: Farrar, Straus and Giroux.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.