Skema Perancangan Media Visual Kampanye (Ideological) bagi Desain Komunikasi Visual
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.3096Keywords:
Desain Komunikasi Visual, Design Thinking, Kampanye sosial, Skema PerancanganAbstract
Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu keilmuan yang memiliki kinerja bersifat komunikasi persuasi. Ini dapat terlihat dalam irisan proyeksi keilmuannya, salah satunya yaitu kampanye. Di mana kategori kampanye terpecah menjadi tiga bagian berdasarkan orientasinya, seperti kampanye produk, kampanye kandidat dan kampanye ideological yang membawa suatu misi Lembaga sebagai usaha pemecahan masalah di tingkat masyarakat. Keberagaman masalah di lingkungan masyarakat membuat banyak penawaran solutif dari banyak keilmuan yang bekerja secara sistemik dalam porsi tertentu, salah satunya keilmuan DKV. Melalui pendekatan kualitatif penelitian ini dilakukan dalam proses pembelajaran dengan metode Project Base Learning yang secara intensif dan evaluatif. Hasil dari penelitian ini adalah skema perancangan yang bertujuan untuk membangun alur sistematis dari sebuah proses perancangan bagi para peserta didik. Keberadaan skema perancangan bersandar pada teori besar “Design Thinking” yang di dalamnya memuat alur kerja, penetapan dan penataan dari hasil data yang diperoleh melalui proses pengempatian, perangkaian ide-ide yang bermuara pada konsep media dan konsep visual, pemercontohan, hingga uji coba terhadap audiens dan evaluasi sebagai usaha kontrol untuk membaca ketercapaian media yang telah dirancang. Untuk itu penelitian dibuat sebagai acuan alternatif dari proses perancangan media visual kampanye, sebagai salah satu panduan untuk menempuh pembelajaran yang sistematis.
Downloads
References
Armayuda, E., & Iqbal, M. (2021). Desain Komunikasi Visual Mengolah Rasa Menyimpul Bentuk (V. Yuliana, Ed.). Trilogi Press.
Atmami, H. (2022). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL “PUMP NATION KURVE CHAINLESS COMPETITION.” ASKARA, 1(2), 114–121. Retrieved from https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/askara/article/view/854
Bobbitt, R., & Sullivan, R. (2014). Developing The Public Relations Campaign (Vol. 4, Issue 1). PEARSON.
Eriyanto. (2019). METODE KOMUNIKASI VISUAL Dasar-Dasar dan Aplikasi Semiotika Sosial untuk Membedah Teks Gambar (M. S. Abdurahman, Ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Jefkins, F. (2019). Public Relation (D. Yadin, Ed.; 5th ed.). Penerbit Erlangga.
Kemenparekraf. (2020). PROYEK DESAIN: Buku Pengandaan & Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Kebijakan Strategis.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran (Vol. 12). Erlangga.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Paramitha. (2012). Pengaruh Tingkat Motivasi Audiens Dalam Mengikuti Kampanye Safety Riding Oleh Pt Astra Honda Motor Terhadap Sikap Berkendara Anggota Honda Community Mega Pro Independent Wonosobo. https://e-journal.uajy.ac.id/600/
Rizal, E. S., & Maulana, S. (2021). Redefinisi Desain. CMYKPress.
Ruslan, R. (2021). KIAT DAN STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS (9th ed.). Rajawali Pers.
Venus, A. (2019). MANAJEMEN KAMPANYE PANDUAN TEORITIS DAN PRAKTIS DALAM MENGEFEKTIFKAN KAMPANYE KOMUNIKASI PUBLIK (4th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.
Yuwono, A., & Indrajit, R. E. (2020). Pengantar Konsep Dasar Design Thinking (M. Kika, Ed.). ANDI.
Ziegel, E. R., & Tague, N. (1995). The Quality Toolbox. In Technometrics (Vol. 37, Issue 4). https://doi.org/10.2307/1269755
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.