Tinjauan Visual Kaos Sekali.Co sebagai Media Kampanye Sosial Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1763Keywords:
kaos, ilustrasi, semiotika, kampanye sosial lingkunganAbstract
Kaos tidak hanya digunakan sebagai pakaian yang melindungi badan. Kaos juga sebagai media komunikasi dengan mengirimkan pesan dan bisa menjadi alat kampanye sosial untuk mengungkapkan keprihatinan tentang perubahan iklim dan masalah lingkungan serius. Brand Kaos Sekali.co menggunakan kaos sebagai media untuk mengkomunikasi kampanye sosial lingkungan. Kaos Sekali.co yang diteliti yaitu kaos “Jurashit Park” Edisi Pengawahutanan dan kaos “Stop Overexploit” untuk membedah makna dan komunikasi yang berada pada visual kaos tersebut. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil analisis terhadap ilustrasi visual kaos dari brand sekali.co yaitu Ilusttrasi visual kaos Sekali.co “Jurashit Park” merupakan sebuah kampanye sosial kritikan terhadap pembangunan wisata Jurassic Park dan dilakukan di Taman Wisata Komodo. Ilustrasi visual kaos Sekali.co “Stop Overexploit” merupakan sebuah kampanye sosial lingkungan kritikan dan kepedulian terkait dengan ekploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya alam sehingga menyebabkan salah satu spesies di dunia yaitu Chinese Paddlefish punah.Downloads
References
Asin, I. (2020). Design and Sustainable Development: Beyond Aesthetic and Functional Qualities. In L. Scherling & A. DeRosa (Eds.), Ethics in Design and Communication : Critical Perspectives. Bloomsbury Publishing Plc.
Balai Taman Nasional Komodo. (n.d.). Profil Taman Nasional Komodo. Http://Ksdae.Menlhk.Go.Id/Tn/Field/Komodo/#informasi.
Chandler, D. (2022). Semiotics : The Basics (Fourth). Routledge.
Gueterbock, R. (2004). Greenpeace campaign case study — StopEsso. Journal of Consumer Behaviour, 3(3), 265–271. https://doi.org/10.1002/cb.139
Gunadha, R. (2021, August 7). Ditentang UNESCO, Proyek Jurassic Park di Pulau Komodo Tetap Lanjut. Https://Www.Suara.Com/News/2021/08/07/182900/Ditentang-Unesco-Proyek-Jurassic-Park-Di-Pulau-Komodo-Tetap-Lanjut.
Jumanta. (2004). Kaos, Inspirasi Motif Modern & Kata-Kata. Puspa Swara.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi Offset.
Martens. (1862). Psephurus gladius. Https://Www.Fishbase.de/Summary/SpeciesSummary.Php?Id=4513&lang=bahasa.
Pogner, K.-H. (2014). Globalization, Identity, and T-Shirt Communication. In M.-L. Noshch, Z. Feng, & L. Vardarajan (Eds.), Global Textile Encounters. Oxbow Books.
Siti Nur Aeni. (2021, October 19). Komodo Hewan Endemik yang Terancam Punah. Katadata.Co.Id.
Siti Nur Aeni. (2022, January 21). Nama-Nama Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi. Katadata.Co.Id.
Widyaningrum, G. L. (2020, January 16). Chinese paddlefish, Salah Satu Ikan Terbesar di Dunia Telah Punah. Https://Nationalgeographic.Grid.Id/Read/131989132/Chinese-Paddlefish-Salah-Satu-Ikan-Terbesar-Di-Dunia-Telah-Punah?Page=all.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.