Perancangan Logo sebagai Identitas Visual Wisata Edukasi Gerabah (Weg) Di Bojonegoro

Authors

  • Risa Andriani Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran" Jawa Timur
  • Aditya Rahman Yani Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Widyasari Widyasari Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1711

Keywords:

identitas visual, kabupaten bojonegoro, logo wisata edukasi gerabah (weg)

Abstract

Wisata Edukasi Gerabah (WEG) adalah salah satu daerah wisata yang berlokasi di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Wisata Edukasi Gerabah (WEG) menyajikan tiga fasilitas bagi wisatawan, yaitu pengetahuan tentang gerabah, praktik membuat gerabah, serta melukis gerabah. Desa wisata ini juga menjual berbagai macam bentuk gerabah yang siap pakai. Namun desa wisata ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu penyebabnya desa ini belum memiliki identitas visual yang konsisten, dan logo yang berkarakter. Makalah ini adalah tentang bagaimana mendesain logo yang menarik, mudah diingat dan memiliki karakter yang khas Wisata Edukasi Gerabah (WEG). Penelitian ini menggunakan metode riset kualitatif dan metode riset kuantitatif dengan teknik data primer melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner sedangkan data sekunder melalui sumber seperti jurnal, artikel ilmiah, buku dan website. Melalui tahap tersebut, konsep perancangan logo nantinya sesuai dengan karakteristik atau ciri khas dari Wisata Edukasi Gerabah (WEG) dan karakteristik target audiens usia 7-12 tahun.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Izzati, E. R. (2008). Perkembangan Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Pendidikan.

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam Dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.22146/jnp.52178

Junaedi, L. N. (2021). Psikologi Warna: 10 Warna Yang Mempengaruhi Marketing dan Branding. Retrieved from https://www.ekrut.com/media/psikologi-warna

Sugiyono. (2015). Pengertian Kuesioner. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/62932/3/BAB III.pdf

Sugiyono. (2018a). Pengertian Dokumentasi. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/47736/4/BAB III.pdf

Sugiyono. (2018b). Pengertian Observasi. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/47736/4/BAB III.pdf

Wibisono, B. A. (2020). Riset Desain Pengumpulan Data dan Analisa. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Andriani, R., Yani, A. R., & Widyasari, W. (2022). Perancangan Logo sebagai Identitas Visual Wisata Edukasi Gerabah (Weg) Di Bojonegoro. DESKOVI : Art and Design Journal, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i1.1711

Issue

Section

Articles