Perancangan Brand Identity Mas Fried Chicken sebagai Upaya Penguatan Citra Produk
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16960Keywords:
Brand Identity, Visual Communication Design, MSME, Mas Fried ChickenAbstract
Mas Fried Chicken merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baru di bidang kuliner cepat saji yang berfokus pada produk ayam goreng. Permasalahan utama yang dihadapi terletak pada belum adanya identitas visual merek yang khas dan representatif, sehingga sulit bersaing dan kurang dikenali oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem brand identity Mas Fried Chicken menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Proses perancangan meliputi identifikasi karakter merek, eksplorasi visual, pemilihan konsep, hingga implementasi pada berbagai media komunikasi visual. Hasil perancangan mencakup logo dengan visualisasi ayam yang memegang cup makan, maskot sebagai elemen karakter, serta media pendukung seperti stationery, merchandise, kemasan, signage, dan materi promosi lainnya. Seluruh elemen dirancang berdasarkan prinsip desain komunikasi visual yang menekankan konsistensi, keterbacaan, dan daya tarik visual. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas merek, memperkuat citra di benak konsumen, serta menjadi strategi branding yang efektif dalam pengembangan UMKM di sektor makanan cepat saji.
Downloads
References
Alfiansyah, R. (2024). Strategi Peningkatan Brand Awareness Untuk Membentuk Brand Recognition dan Brand Identity Pada UMKM Di Desa Kebonturi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 625–632.
Arofani, Prilia (16 Oktober 2019, Pukul 19:30),8 Restoran Fried Chicken Plaing Terkenal di Indonesia, Mana Favoritmu?, https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/restoran-fried-chicken-paling-terkenal-di-indonesia( diakses pada 5 januari 2020)
Bettaieb, D., & Alsobahi, A. (2022). Use of Design Theories and Principles in Visual Brand Identity Elements in Commercial and Retail Banks. Journal of Visual Art and Design, 14(2), 111–137.
Cholisatur Rizaq, M., & Nur Alisha, F. (2021). Perancangan Brand Identity UMKM Sekar Mulya Sebagai Media Pengenalan Identitas dan Citra Produk. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 6(2), 1.
Juanitasari, Ifthinan, (2020), Hubungan Personal Branding Perupa dengan Artist Merchandise dalam Proses Berkarya, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.
Katadata. (2024, April 22). Konsumsi Daging Ayam Rakyat Indonesia Naik Sejak 2019. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id
Karjalainen, T. M., & Snelders, D. (2010). Designing visual recognition for the brand. Journal of Product Innovation Management, 27(1), 6-22.
Keller. (2003), How To Manage Brand Equty, Gramedia Pustaka, Jakarta.
Kementerian Pertanian RI. (2023). Outlook Komoditas Peternakan: Daging Ayam Ras Pedaging 2023. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Retrieved from https://ews.pertanian.go.id/outlook
Kotler, Philips. (2005), Manajemen Pemasaran, PT Indeks, Jakarta.
Kotler, Philips. (2019), Manajemen Pemasaran Edisi 13, Erlangga, Jakarta.
Iivanainen, R. (2017). Branding through visual design: A case study of a company’s visual identity guided by brand values and story. (Master’s thesis). Aalto University, School of Arts, Design and Architecture. https://aaltodoc.aalto.fi/handle/123456789/27139
Murchie, K. J., & Diomede, D. (2020). Fundamentals of graphic design essential tools for effective visual science communication. In Facets (Vol. 5, Issue 1, pp. 409–422). Canadian Science Publishing 65 Auriga Drive, Suite 203, Ottawa, ON K2E 7W6.
Reddy, A. P. T. (2020). Beauty from Function: The Identification and Implementation of Swiss Graphic Design Principles in Contemporary Advertising. University of Oregon.
Rizqianto, D. (2024). Strategi Perancangan Islamic Visual Branding dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Markaz Design Sidoarjo. IAIN Kediri.
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2010), Nirmana : Elemen – elemen Seni dan Desain, Jala Sutra, Yogyakarta.
Septianti. (2020). Katak Anak Panah Beracun Sebagai Sumber Ide Penciptaan. Yogyakarta: Jurnal Corak.
Setiawan, Agus. (2018), Metodologi Desain, Arttex, Yogyakarta.
Soewardikoen, Didit Widiatmoko. (2019), Metodologi Penelitian : Desain Komunikasi Visual, Pt Kanisius, Yogyakarta.
Sustisna. (2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Oktavianingrum, A., Hidayati, D. N., & Nawangsari, E. R. (2023). Strategi branding membangun Brand Identity pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1829–1836.
Wheeler, Alina. (2010), Designing Brand Identity: An Essential Guide For The Whole Branding Team. USA: Jhon Wiley&Sons.
Wesfix, Tim. (2017), Branding itu “Dipraktekin”, PT Grasindo, Jakarta.
Wright, J. (2018). Application of Narrative Principles to Effectively Communicate Through Graphic Design. Liberty University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 DESKOVI : Art and Design Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.