Penciptaan Karya Tatah Timbul pada Kulit Nabati dengan Konsep Nusantara
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16889Keywords:
Tatah, Embossed, Vegetable Leather, Leather Crafts, NusantaraAbstract
Penelitian karya seni kriya kulit yang mengutamakan keterampilan tangan (handicraft) dengan memperhatikan nilai estetika dan fungsionalitas.Seni kriya memiliki akar dalam tradisi lokal yang diwariskan secara turun-temurun, dan biasanya mencerminkan identitas budaya suatu masyarakat. Sebagai perpaduan antara seni dan keterampilan, seni kriya tidak hanya memiliki nilai seni tetapi juga bisa mengangkat nilai budaya yang ada di Indonesia, karena banyak produk seni kriya yang dipasarkan sebagai barang konsumsi atau suvenir. Kulit menghadirkan sesuatu yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan berkesenian, keunggulan dari tatah timbul adalah adanya verifikasi ornamen yang bisa dikembangkan sedemikian rupa, kulit juga menawarkan susunan kepadatan yang unik. Selain itu, kulit memiliki kemampuan bahan yang berada ditengah kayu dan kain. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penciptaan kriya adalah metode penelitian kualitatif meliputi studi observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Pada penelitian ini pengetahuan sebagai keterampilan yang dapat kita sebut sebagai teknik tentang-mengetahui membuat, bagaimana bertindak, bagaimana melaksanakan. Karya seni kriya dengan teknik tatah timbul memakai kulit nabati ketebalan 2,3 mm dengan mengangkat konsep nusantara seperti motif kawung, motif parang, dan tokoh pewayangan, dan beberapa motif tradisional Indonesia lainnya. Karya tatah timbul yang dijadikan sebuah teknik penciptaan mengambil konsep Nusantara sebagai ide utama dalam pembuatan sebuah karya.
Penciptaan karya ini menunjukan kreativitas dan inovasi produk kulit dengan teknik tatah timbul, konsep Nusantara sendiri diambil oleh peneliti dengan tujuan selain upaya pelestarian, tetapi juga menjadi upaya respon dari kebutuhan Masyarakat terhadap produk fungsional tas kulit tatah timbul yang terus berubah. Dengan adanya karya ini penulis berharap bisa ikut dalam melestarikan budaya di Indonesia lewat karya yang sudah diciptakan dan bisa mengenalkan budaya Indonesia kekancah Internasional, penulis juga berharap Kerajinan kulit di Indonesia semakin maju dan berkembang dan melahirkan karya-karya inovasi sesuai dengan perkembangan zaman.
Downloads
References
Mahendra, Y. B. (2020). Pengaruh Teknik Pukul pada Tatah Timbul Kulit. Invensi, 5(2), 151–164. https://doi.org/10.24821/invensi.v5i2.3864
Dahlia, P., & Sembiring, S. B. (2023). Keberadaan Industri Penyamakan Kulit Nabati Secara Tradisional di Kota Padang Panjang. DESKOVI?: Art and Design Journal, 6(1), 42. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.10672
Thamrin, N. F., Marwati, M., & Burhanuddin, B. (2022). Penerapan Arsitektur Nusantara Sulawesi Selatan Pada Bentuk Desain Creative Hub Kabupaten Wajo. TIMPALAJA?: Architecture Student Journals, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.24252/timpalaja.v4i1a6
Zam, R., Dharsono, D., & Raharjo, T. (2022). Transformasi Estetik Seni Kriya; Kelahiran Dan Kriya Masa Kini. Gorga?: Jurnal Seni Rupa, 11(2), 302. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.36026
Priyono, R. E. (2017). “Human, Humanity, and Humanities” Dalam Penciptaan Karya Kriya Kulit. Corak, 6(2), 107–115. https://doi.org/10.24821/corak.v6i2.2398
Nuning. W., M. M. (2015). METODE PENCIPTAAN BIDANG SENI RUPA: Praktek Berbasis Penelitian (practice based risearch), Karya Seni Sebagai Produksi Pengetahuan dan Wacana. Corak, 4(1), 23–37. https://doi.org/10.24821/corak.v4i1.2358
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Hasyim, N., Senoprabowo, A., & Pramudya, E. R. (2022). Pengembangan Konsep Game Edukasi Tentang Pengenalan Makanan Tradisional Indonesia kepada Anak-Anak Usia Dini. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 12(1), 238. https://doi.org/10.36499/psnst.v12i1.6891
Kajian, J. I., Kewarganegaraan, P., Malinda, V., & Najicha, F. U. (2023). 66 Jgc Xii (2) (2023) Jurnal Global Citizen Upaya Memperkuat Kebudayaan Bangsa Melalui Penerapan Wawasan Nusantara Di Era Gemparnya Budaya Westernisasi. 2, 66–74. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz
Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara?: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen?: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5755
Tsaknaki, V., Fernaeus, Y., & Schaub, M. (2014). Leather as a material for crafting interactive and physical artifacts. Proceedings of the Conference on Designing Interactive Systems: Processes, Practices, Methods, and Techniques, DIS. New York, United States: Association for Computing Machinery. https://doi.org/10.1145/2598510.2598574
Husnah, S., Yuliana, Y., & Ratnawati, R. (2021). Manajemen alur proses produksi udang windu beku dengan metode Individual Quick Frozen di PT. Madsumaya Indo Seafood, Gresik. Agrokompleks, 21(1), 40–47. https://doi.org/10.51978/japp.v21i1.331
Guntur. Metode Penelitian Artistik. Surakarta: ISI Press, 2016.
Solar, F. Y., Titaley, J., & Rindengan, A. J. (2021). Penerapan Geometri Fraktal Dalam Membuat Variasi Motif Batik Nusantara Berbasis Julia Set. D’CARTESIAN, 9(2), 189. https://doi.org/10.35799/dc.9.2.2020.29968
Fransisca, S. (2021). Karakteristik Profesionalisme Auditor Internal dari Perspektif Toko Pewayangan Kresna. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 620- 636. https://doi.org/10. 21776/ub.jamal.2021. 12.3.35
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 DESKOVI : Art and Design Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.