Analisis Ideologi Melalui Wacana Dalam Pameran Seni "Mindscape Gravity" Di LAV Gallery Yogyakarta

Authors

  • Andi Ryan Kusuma Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia
  • Bakti Bestin Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16865

Keywords:

Analysis, Ideology, Art Exhibition, Painting

Abstract

Pameran seni sering kali menjadi medan eksplorasi yang kompleks bagi sebuah analisis ideologi, terutama pada era kontemporer ini. Penelitian ini mencoba mengkaji pameran dengan tajuk "MindScape Gravity" yang diadakan di LAV Gallery Yogyakarta, yang dipresentasikan oleh Tiga Sekawan yaitu Adwin, Ryan, dan Indo. Pameran ini menjadi subjek penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana karya-karya seni yang dihadirkan mengkomunikasikan pesan-pesan dan nilai-nilai artistik serta estetka melalui analisis ideologi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mencoba mengabungkan beberapa teori yang relevan untuk mendalami aspek-aspek visual, naratif, dan ideologis yang terkandung dalam setiap karya. Melalui analisis mendalam, penelitian ini mencoba mengungkap hubungan antara konteks pameran, wacana yang dipilih dalam tema, dan interpretasi yang dihasilkan dari karya-karya seni lukis. Temuan dari penelitian ini secara spesifik merujuk pada ideologi yang dilihat dalam karya-karya ini menunjukkan bahwa para seniman memiliki kesadaran dan kegelisahan yang melekat, yang mengkatalisasi keterlibatan mereka dengan praktik sosial seni, Meskipun karya seni itu merupakan ungkapan, namun sebaliknya bahwa setiap ungkapan bukanlah suatu yang sebenarnya. Melalui analisis dengan kerangka ideologis dalam karya seni yang dipamerkan dalam pameran ini menggarisbawahi prevalensi narasi artistik yang diartikulasikan oleh pencipta, yang merefleksikan kehidupan dalam lingkungan sosiokultural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adorno, Theodor W. (2002). Aesthetic Theory. New York: Continuum.

Chia, P., & Nessya F. (2022). Analisis Karya Seni Lukis Yasrul Sami. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 11( 02), 2301-5942.

Dewi Smara, C. (2017). Peran Taman Ismail Marzuki Terhadap Perkembangan Seni Rupa Kontemporer Indonesia: Kajian Peristiwa Pameran Seni Rupa Era 1970 An. Jurnal Seni Nasional: CIKINI, 2(2), 7 17.

Effy, I., & Tri Lestyo, H. (2014). Studi Manajemen Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa di Bentara Budaya Yogyakarta. Jurnal Seni, 6(1), 2087-0795.

Junaedi D., (2017). Estetika: Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. Yogyakarta: ArtCiv. Susanto, M., (2018). Diksi Rupa. Yogyakarta: DictiArt Laboratory.

Kartika, S.D., (2017). Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Maghdalena, N. D., Dkk. (2019). Analisis Estetika Karya Seni Lukis Moel Soenarko yang Bertema Heritage. Jurnal Seni Desain dan Pembelajaran: Irama, 1(2), 2686-0902.

Marianto, D.M., (2019). Seni & Daya Hidup dalam Perspektif Quantum. Yogyakarta: Scritto Books dan BP ISI Yogyakarta.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI PRESS.

Mukhlisin, M., & Triyanto, R. (2020). Analisis Formal Lukisan Andi Ian Surya. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9.(2), 292-299.

Putra P. T. (2019). Analisis Isi Teks Pengantar Kuratorial Mikke Susanto antara Tahun 2000–2017. Jurnal Seni Rupa:ARS, 22(3).

Rohidi, T. R. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Saidi, Iwan A. (2017). Narasi Simbolik dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia (Disertasi, Institut Teknologi Bandung). https://digilib.itb.ac.id/gdl/view/5634/

Sugiharto, B., (2020). Untuk Apa Seni. Bandung: Pustaka Matahari.

Suryajaya, M. (2016). Sejarah Estetika. Jakarta: Penerbit Gang Kabel.

Susanto, M. (2004). Menimbang Ruang Menata Rupa. Yogyakarta: Galang Perss.

https://ekbizz.com/wp-content/uploads/2-23/09/lav-gallery.jpg.Diakses 20 Desember 2024

Wawancara dengan I Gede Arya Sucitra 16 September 2023, dan didukung data catatan kuratorial

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Andi Ryan Kusuma, & Bakti Bestin. (2025). Analisis Ideologi Melalui Wacana Dalam Pameran Seni "Mindscape Gravity" Di LAV Gallery Yogyakarta. DESKOVI : Art and Design Journal, 8(1), 79–86. https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16865