Desain dan Komodifikasi Spiritualitas: Citra Produk Ruqiyah dalam Pemasaran Digital

Authors

  • Mochamad Ficky Aulia Nusa Putra University

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16850

Keywords:

Visual Communication Design, Spirituality, Commodity, Hyperreality, Ruqyah Product

Abstract

Lanskap perniagaan yang diperluas oleh teknologi digital turut membawa inklusivtias di dalamnya. Salah satunya tumbuh melalui platform-platform niaga digital yang dapat diakses dan menjadi peluang bagi para agen dan konsumen dalam bertransaksi secara instan dan bebas. Produk ruqyah ialah salah satu yang menjadi fenomena bagaimana citra spiritualitas berhasil merebut antusiasme pelanggan melalui stimulus tampilan bernuansa religi – di mana desain ialah perangkat kerja yang mampu mengatribusikan nilai-nilai itu secara persuasif. Studi ini bertujuan untuk melihat dari perspektif desain tentang seberapa jauh membentuk framing dan bagaimana citra tersebut mampu membentuk realitas masyarakatnya dalam interaksi simbolik. Melalui metode kualitatif, yang datanya diperoleh melalui  platform niaga digital untuk kemudian dibongkar secara teoretis sebagai pemetaan pola dan kecenderungan potensi masalahnya ke dalam interpretasi teks. Melalui penelusuran latar belakang sebab-muasalnya, kajian menunjukkan bahwa fenomena ini mempunyai dampak kepengaruhan yang kuat, terutama pada cara pemaknaan citra spiritualitas yang profan, agresif dan semakin disruptif. Spiritualitas menjadi sebuah imaji yang setara dengan nilai materialistiknya yang kerap disakralisasi dan menjadikannya sebagai konsumsi budaya harian, di mana hiperealitas menjadi suatu kunci untuk mencerna kesadaran-kesadaran itu. Harapan terbaik adalah agar bagaimana penelitian yang sederhana ini mampu memberikan pengembangan diskursus terkait desain yang terhubung dengan humaniora – terutama kondisi dan perilaku sosial-budaya di tengah arus digital di hari ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

ADGI, ADPII, AIDIA, HDII, HDMI, & IFC. (2020). Dasar Pengadaan & Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia (Yannes Martinus Pasaribu, Ed.; 2nd ed.). Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Kebijakan Strategis

Anwari, A., & Fariha. (2024). Konsep Ruqyah Untuk Kesehatan Mental Perspektif Persatuan Islam (Persis). UIN Sunan Gunungdjati: Bandung.https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98421

Aristotle. (2009). 350 BC - NICOMACHEAN ETHICS (Book 1) (J. Sachs, Ed.; W. D. Ross, Trans.; Vol. 1). Clarendon Press :Oxford University Press

Aulia, F. M. (2024). Desain, Hiperealitas & Post-Truth dalam Studi Kultur Digital: Kampanye Kandidat Presiden Indonesia Tahun 2024. Dasa Rupa, 6, 33–49. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v6i2

Baudrillard, J. (2017). The Consumer Society; Myths and Structure (G. Ritzer, Ed.; Revised Edition). Sage.

Carrette, J., & King, R. (2005). Selling Spirituality: The Silent Takeover of Religion. Routledge.

Cialdini, R. B. (2009). Influence: The Psychology of Persuasion (3rd ed.). Harper Collins.

Debord, Guy. (2004). Society of the Spectacle (K. Knabb, Trans.). Rebel Press.

Eysenck, M. W., & Keane, M. T. (2020). Cognitive Psychology: A Student’s Handbook.Routledge

Ficky Aulia, M. (2023). Tinjauan Teoretis Mengenai Citra Sebagai Komoditas Identitas: Studi Kasus Fenomena Gerakan Hijrah Kontemporer. DESKOVI: Art and Design Journal, Universitas Maarif Hasyim Latif, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.14278

Hughes, T. P. (2007). A Dictionary of Islam. Adam Publishers.

Kant, I. (2009). Religion within the Bounds of Bare Reason (W. S. Pluhar, Trans.). Hackett Publishing Company, Inc.

Kraut, Richard. (1991). Aristotle on the Human Good Princeton University Press.

Malaka, T. (2007). MADILOG - Materialisme, Dialektika dan Logika Tan Malaka (1943) (T. Sprague & Abdul, Eds.). Widjaya, Pusat Data Indikator, MIA, Informatika, Buku LIAT.

Max, K. (1990). Capital: Volume 1 - A Critique of Political Economy (E. Mandel, Ed.; B. Fowkes, Trans.; 2nd ed., Vol. 1). Penguin Classic & New Left Review.

Russell, B. (1999). Russell on Religion: Selections from the Writings of Bertrand Russell (L. Greenspan & S. Andersson, Eds.). Routledge.

Saputra Iriansyah, M., Ilhami, F., & Ari Widodo Utomo, G. (2018). Hadis-Hadis Ruqyah dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Ilmiah Islam FUTURA, 18(1), 75–104. https://jurnal.hukumonline.com/j/5c6bd17048fbd8000eb015c3

Saalih, S. (2008). The Rules & Etiquettes of Ruqyah (1st ed.). Al-lbaanah.

Spielman, R. M., Jenkins, W. J., & Lovett, M. D. (2020). Psychology 2E - Senior Contributing Authors. OpenStax, Rice University. https://openstax.org/details/psychology-2e

Sugiono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif .(3rd ed.). ALFABETA.

Wheeler, A. (2013). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Aulia, M. F. (2025). Desain dan Komodifikasi Spiritualitas: Citra Produk Ruqiyah dalam Pemasaran Digital. DESKOVI : Art and Design Journal, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16850