Struktur Dramatik pada Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Authors

  • Haria Nanda Pratama Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Abdul Rozak Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Nadra Akbar Manalu Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16794

Keywords:

Film, Dramatic Structure, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Abstract

Penelitian berfokus pada mengungkap struktur dramatik pada alur cerita film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang merupakan film hasil diadaptasi dari novel Buya Hamka. Dalam perspektif naratif, film ini membentuk susunan dari peristiwa yang saling berhubungan satu sama lainnya. Film ini mengisahkan tentang pertentangan kisah cinta Zainuddin disebabkan perbedaan strata sosial dan tekanan dari adat yang sangat kuat membuat hubungannya dengan Hayati mencapai akhir yang tragis. Pertentangan terhadap status sosial dan adat istiadat dalam isi cerita film ini merupakan puncak terjadinya konflik pada alur cerita hingga klimaks dan penyelesaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalisme meliputi exposition, complication, climax, reversal dan denoument. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif melalui tahapan studi literatur dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa eksposisi memperkenalkan latar budaya Minangkabau dan karakter utama dengan konflik awal peristiwa. Komplikasi terjadi saat Hayati dijodohkan secara paksa dengan Aziz seorang pria kaya yang nantinya memperburuk hubungan antara Hayati dan Zainuddin. Klimaks mencapai puncaknya saat Zainuddin setelah menjadi penulis sukses dan menolak keberadaan Hayati karena dendam atas penolakan yang dia alami. Penutup cerita dengan rasa ikhlas Zainuddin atas takdir yang dialami dan memberikan penghormatan terakhir kepada cinta sejatinya. Struktur dramatik film ini efektif dalam membangun emosi, memperkuat tema universal tentang cinta, pengorbanan, dan kritik terhadap norma sosial dan budaya. Kajian ini juga menegaskan bahwa daya tarik narasi film memberikan informasi terkait pesan makna memalui aspek psikologi, aspek sosial dan aspek budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Angely Galingging, & Mutiara Fauziah Putrimina. (2024). Analisis Aspek Sosial Dalam Novel Bumi Karya Tereliye. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 462–473. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.11714

Gemilang., M. N. A. T. M. H. B. P. (2023). Makna Mode dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Metalanguage, 3(1). https://doi.org/10.56707/jmela.v5i05.132

Hidayahtulloh, P., & Saksono, L. (2017). Struktur dan Tekstur Drama Kabaleund Liebe Karya Friedrich Schiller. Identitaet, VI(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/19230/17560

Huda, A. S., Nafsika, S. S., & Salman, S. (2023). Film Sebagai Media dalam Mengubah Cara Pandang Manusia dalam Prinsip Kemanusiaan. Irama: Jurnal Seni Desain Dan Pembelajarannya, 5(1), 9–14. https://ejournal.upi.edu/index.php/irama/article/view/50149

Mutmainah, A., & Warsana, D. (2021). Analisis Nilai Budaya pada Film Barakati. Journal Anthology of Film and Television Studies, Vol. 1 (2)(2), 43–52.

Pratama, H. N., & Rozak, A. (2021). Karakteristik Musikal Pada Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Gorga?: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 549. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.29202

R.M.A Harymawan. (1988). Dramaturgi. CV Rosda.

Rozak, A., Manalu, N. A., & Pratama, H. N. (2023). Kesenian Tulo-Tulo: Instrumentasi dan Bentuk Musik. Grenek Music Journal, 12(2), 145. https://doi.org/10.24114/grenek.v12i2.49625

Rozak, A., & Pratama, H. N. (n.d.). Musica Journal of Music Fungsi Musik pada Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (The Function of Music in the Sinking of the Van Der Wijck Ship) A RTICLE I NFORMATION. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MSC

Satoto, S. (2012). Analisis Drama dan Teater bagian satu. Yogyakarta: Ombak..

Sri Wahyuni. dkk. (2019). Kajian Struktur Dramatik Pada Film Mursala Karya Viva Mesti. Jurnal Proporsi, 4(2).

Susilo, D. F., & Mulyadi, U. (2024). Nilai Akhlak Dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. (Doctoral dissertation ) .Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.Https://Jurnal.Unissula.Ac.Id/Index.Php/JIMU/Article/View/40228/0.

Wigati, O. T. N., Mulyadi, R. M., & Nugrahanto, W. (2023). Identitas musik: Studi netnografi rilisan musik di Bandung. Satwika?: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 153–166. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25253

Wisniati, M., Harun, M., & Ramli, R. (2021). Kajian representasi aspek sosial dalam novel Ayah karya Andrea Hirata, novel Pulang karya Tere Liye, dan novel Burung Terbang di Kelam Malam karya Arafat Nur. Master Bahasa, 9(2), 563–573. https://jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/view/22176%0Ahttps://jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/download/22176/14398

Hutagama, Y., Minawati, R., & Nursyirwan, N. (2017). Struktur Dramatik Serial TV Sengsara Membawa Nikmat Karya Agus Widjoyono. Bercadik, 1(1), 217783.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Pratama, H. N., Abdul Rozak, & Manalu, N. A. (2025). Struktur Dramatik pada Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck . DESKOVI : Art and Design Journal, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16794