Persepsi Tunarungu Terhadap Pesan Komunikasi Visual Mitigasi Gempa dan Tsunami di SLB Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v8i1.16764Keywords:
Disaster, Mitigation, Perception, Deaf, Virtual Reality (VR), Special Needs School (SLB)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi siswa tunarungu terhadap pesan komunikasi visual mitigasi bencana gempa dan tsunami di SLB Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) yang melibatkan analisis kuantitatif melalui kuesioner serta analisis kualitatif melalui observasi dan wawancara. Sebanyak 30 siswa tunarungu menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tunarungu sukar dalam memahami informasi mitigasi bencana yang disampaikan melalui media visual seperti poster dan banner, dengan 83% responden menyatakan bahwa informasi yang disampaikan cukup mudah dipahami, namun hanya 17% yang merasa benar-benar percaya terhadap efektivitasnya. Ilustrasi atau gambar merupakan elemen visual yang paling membantu dalam pemahaman mereka. Meskipun demikian, simulasi menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) tidak berhasil menstimulasi refleks mitigasi yang sesuai, seperti berlindung atau berlari. Faktor bahasa isyarat yang sulit diterjemahkan ke dalam media visual juga menjadi kendala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media visual mitigasi bencana yang dirancang untuk masyarakat umum belum inklusif bagi siswa tunarungu. Oleh karena itu, perlu ada perancangan media komunikasi visual yang lebih sederhana, jelas, dan mampu menjembatani kebutuhan komunikasi siswa tunarungu agar mereka lebih siap dalam menghadapi potensi bencana gempa dan tsunami.
Downloads
References
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.
Burdea, Grigore., & Coiffet, Philippe. (2017). Virtual reality technology. [Wiley-IEEE Press].
Fauziyah, S. (2022). Access to Disclosure of Disasters Information for Deaf Citizen through Sign Language Interpreter. IJDS, 9(1), 137–152.
Khumairoh, Z., Widana, I. D. K. K., & Sumantri, S. H. (2021). The role of communication as the disaster risk reduction in Indonesia capital city transference policy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 708(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/708/1/012101
Lambert, H., Doumont, D., Reviers, N., Vandenbroucke, M., & Aujoulat, I. (2025). Enhancing accessibility of crisis communication to people in vulnerable circumstances. Journal of Public Health (Germany). https://doi.org/10.1007/s10389-025-02436-x
Marcus, A. (n.d.). Icons, Symbols, and Signs: Visible Languages to Facilitate Communication.
Mayhorn, C. B., & McLaughlin, A. C. (2014). Warning the world of extreme events: A global perspective on risk communication for natural and technological disaster. Safety Science, 61, 43–50. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2012.04.014
Nada, Q., Furqan, M. H., Yulianti, F., Pendidikan, J., Fkip, G., Syiah Kuala, U., Jurusan, D., & Geografi, P. (2022). Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Komunitas SDN 21 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Geosfer, VII(2), 180–196. https://doi.org/10.24815/jpg.v%vi%i.28009
Ortiz, G., Aznar-Crespo, P., & Aledo, A. (2024). Developing and pilot-testing warning messages for risk communication in natural disasters. Environment Systems and Decisions, 44(2), 239–258. https://doi.org/10.1007/s10669-023-09924-z
RE Lundgren; McMakin AH. (2018). A handbook for communicating environmental, safety, and health risks. Wiley.
Squires, B. (2023). Breaking Down Communication Breakdowns in Children who are Deaf or Hard of Hearing. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 28(4), 426–427. https://doi.org/10.1093/deafed/enad013
Sumema, S., Asrinaldi, A., Firosha, A., Rotama, H., & Gusman, T. (2023). Persepsi Visual Gestalt: Dampak Dari Elemen Desain Media Informasi Mitigasi Tsunami. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 12(2), 310-318.
Syamsidik, & Istiyanto, D. C. (2013). Tsunami mitigation measures for tsunami prone small islands: Lessons learned from the 2010 tsunami around the Mentawai Islands of Indonesia. Journal of Earthquake and Tsunami, 7(1). https://doi.org/10.1142/S1793431113500024
Ummah, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–430.
Xu, J., Sanni, T., Liu, Z., Yang, Y., Lee, J., Song, W., & Shi, Y. (2024). To Shelter or Not To Shelter: Exploring the Influence of Different Modalities in Virtual Reality on Individuals’ Tornado Mitigation Behaviors. http://arxiv.org/abs/2409.09205
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 DESKOVI : Art and Design Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.