Perancangan Desain Logo pada Video Animasi 2 Dimensi “Jelajah Tata Surya” sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas 6 SD

PDF

Authors

  • Farah Susmita Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim
  • Diana Aqidatun Nisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim
  • Restu Ismoyo Aji Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16520

Keywords:

Video Animasi, Desain Logo, Media Pembelajaran, Sistem Tata Surya

Abstract

Pendidikan merupakan usaha terencana untuk menciptakan suasana belajar yang mampu meningkatkan potensi peserta didik. Teknologi saat ini memberikan peluang untuk menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif dan menarik. Salah satu media yang efektif adalah video animasi, terutama untuk materi yang abstrak seperti sistem tata surya. Namun, rendahnya pemahaman siswa terhadap sistem tata surya menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah logo dari video animasi 2 dimensi “Jelajah Tata Surya” yang digunakan sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa kelas 6 SD. Metode yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan kuesioner sebagai data primer, serta studi literatur sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan logo yang sesuai dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. N. (2023). Animasi Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi PowToon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 12–25.

Burhan, M. A., Darniyanti, Y., & Ansori, L. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 10 Koto Baru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 195–203.

Darman, Asrul, & Saputra, H. N. (2021). Pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 64–68.

Erawati, E. P. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Planet dalam Sistem Tata Surya. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi.

Handayani, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD Negeri Peudeuk Tunong Pidie Jaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 157–165.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendikia Publisher.

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Arrasyidi, L. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2640–2650.

Kurniawan, A. T. (2015). Perancangan Animasi 2D Media Pembelajaran Tata Surya pada SD Negeri Keling I Kepung Kediri. Repository Amikom.

Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Melati, E., & dkk. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.

Nugraha, N. B. (2022). Jurnal Game Edukasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Berbasis Animasi 2D untuk Siswa Kelas 6 SD. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis.

Nurfadhillah, S., & Jejak, M. d. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.

Ramadani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.

Setiawan, Z. (2023). Pendidikan Multimedia: Konsep dan Aplikasi pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, M. (2023). Metode penelitian. Jakarta: PT Global Eksekutif Teknologi.

Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 16(1), 33–40.

Valerina, D. O. (2019). Jelajah Sains SD Kelas VI. Yudhistira.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Farah Susmita, Diana Aqidatun Nisa, & Restu Ismoyo Aji. (2024). Perancangan Desain Logo pada Video Animasi 2 Dimensi “Jelajah Tata Surya” sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas 6 SD : PDF. DESKOVI : Art and Design Journal, 7(2), 135–140. https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16520