Perancangan Desain Logo pada Video Animasi 2 Dimensi “Jelajah Tata Surya” sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas 6 SD
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16520Keywords:
Video Animasi, Desain Logo, Media Pembelajaran, Sistem Tata SuryaAbstract
Pendidikan merupakan usaha terencana untuk menciptakan suasana belajar yang mampu meningkatkan potensi peserta didik. Teknologi saat ini memberikan peluang untuk menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif dan menarik. Salah satu media yang efektif adalah video animasi, terutama untuk materi yang abstrak seperti sistem tata surya. Namun, rendahnya pemahaman siswa terhadap sistem tata surya menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah logo dari video animasi 2 dimensi “Jelajah Tata Surya” yang digunakan sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa kelas 6 SD. Metode yang digunakan mencakup wawancara, observasi, dan kuesioner sebagai data primer, serta studi literatur sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan logo yang sesuai dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Downloads
References
Astuti, S. N. (2023). Animasi Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi PowToon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 12–25.
Burhan, M. A., Darniyanti, Y., & Ansori, L. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 10 Koto Baru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 195–203.
Darman, Asrul, & Saputra, H. N. (2021). Pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 64–68.
Erawati, E. P. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Planet dalam Sistem Tata Surya. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi.
Handayani, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar pada Materi Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD Negeri Peudeuk Tunong Pidie Jaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 157–165.
Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendikia Publisher.
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Arrasyidi, L. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2640–2650.
Kurniawan, A. T. (2015). Perancangan Animasi 2D Media Pembelajaran Tata Surya pada SD Negeri Keling I Kepung Kediri. Repository Amikom.
Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.
Melati, E., & dkk. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Nugraha, N. B. (2022). Jurnal Game Edukasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Berbasis Animasi 2D untuk Siswa Kelas 6 SD. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis.
Nurfadhillah, S., & Jejak, M. d. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.
Ramadani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.
Setiawan, Z. (2023). Pendidikan Multimedia: Konsep dan Aplikasi pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, M. (2023). Metode penelitian. Jakarta: PT Global Eksekutif Teknologi.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 16(1), 33–40.
Valerina, D. O. (2019). Jelajah Sains SD Kelas VI. Yudhistira.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DESKOVI : Art and Design Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.