Perancangan Desain Karakter Buku Ilustrasi Interaktif “Ceriyos Semi : Aku Ingin Belajar Tari Gandrung” Sebagai Media Pelestarian Tari Gandrung

PDF

Authors

  • Shakira Talitha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Bayu Setiawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Sri Wulandari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16513

Keywords:

Buku Ilustrasi, Desain Karakter, Buku Interaktif, Media Pelestarian, Tari Gandrung

Abstract

Indonesia, dengan lebih dari 3000 suku dan etnis, memiliki kekayaan budaya yang beragam, termasuk Kabupaten Banyuwangi yang dikenal akan tradisi dan keseniannya, salah satunya tari gandrung. Namun, kurangnya media informasi yang menarik menyebabkan anak-anak kurang mengenal budaya mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan merancang media edukatif berupa buku ilustrasi interaktif bertema tari gandrung sebagai upaya pelestarian budaya. Penelitian menggunakan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif untuk menggali data mendalam terkait budaya dan preferensi visual anak-anak. Hasil peneitian ini  adalah buku ilustrasi interaktif berjudul "Ceriyos Semi: Aku Ingin Belajar Tari Gandrung", yang menggabungkan elemen tradisional dan modern dalam konsep visual dan desain karakter. Gaya ilustrasi kartun dipilih untuk meningkatkan daya tarik visual dan mempermudah anak-anak memahami cerita serta pesan budaya yang disampaikan.



Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisandi, R. P. P., & kadek Yudiana, I. (2023). RECONSTRUCTION OF THE IDENTITY OF FEMALE FEMALE DANCERS IN 1975-2022. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 676-689.

Creswell, J. W. (2020). Pengantar Penelitian Mixed Methods. Pustaka Pelajar., Yogyakarta.

Devara, N., Alit Artawan, C., & Tri Wahyudi, A. (2017). Perancangan Buku Panduan Interaktif Cara Menjaga Kesehatan Mata Melalui Olahraga Senam Mata Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. http://sahabatmembaca.org/2015/12/09/jenis-picture-

Dewi, A. P. (2016). Komodifikasi Tari Barong di Pulau Bali (Seni Berdasarkan Karakter Pariwisata). Panggung, 26(3), 222–233. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i3.187

Enggo, R., & Mahardika, R. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Rakyat Pulau Kemaro dari Palembang. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(1), 82-88.

Fachri, A., Batubara, A., & Anggapuspa, M. L. (2021). PERANCANGAN POP-UP BOOK ILUSTRASI ETNIS BATAK SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA 9-10 TAHUN. Jurnal Barik, 2(2), 108–120. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Hukubun, L. D. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Rakyat Suku Malind. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 1(1), 69-74.

Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode Kombinasi/Campuran Bentuk Integrasi Dalam Penelitian. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 735–739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452

Mirnayati, M., & Sumadewa, I. N. Y. (2020). Perancangan Buku Interaktif Cerita Rakyat Lombok “Monyeh.” Jurnal SASAK: Desain Visual Dan Komunikasi, 2(2), 51–58.

Rahmadani, G. D., & Wahyuni, I. (2023). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.16

Rahmadina, N. P., Nisa, D. A., & Sutejo, A. (n.d.). Perancangan Desain Karakter untuk Buku Ilustrasi Mengenai Orang-orang Toxic. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 8(2), 2023.

Rifqi, T. J., Romadhona, M., & Masnuna, M. (2024). Perancangan Desain Karakter untuk Buku Ilustrasi Interaktif tentang Karawitan Jawatimuran. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 6297-6308.

Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382

Setiyaningrum. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.

Wibowo, A., Ekonomika, F., Bisnis, D., Kristen, U., Wacana, S., Penti, E., & Fakultas Ekonomika, K. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEBERHASILAN UKM (Studi Kasus pada Sentra Konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga).

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Talitha, S., Setiawan, B., & Wulandari, S. (2024). Perancangan Desain Karakter Buku Ilustrasi Interaktif “Ceriyos Semi : Aku Ingin Belajar Tari Gandrung” Sebagai Media Pelestarian Tari Gandrung: PDF. DESKOVI : Art and Design Journal, 7(2), 153–158. https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16513