Perancangan Desain Karakter Buku Ilustrasi Interaktif “Ceriyos Semi : Aku Ingin Belajar Tari Gandrung” Sebagai Media Pelestarian Tari Gandrung
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16513Keywords:
Buku Ilustrasi, Desain Karakter, Buku Interaktif, Media Pelestarian, Tari GandrungAbstract
Indonesia, dengan lebih dari 3000 suku dan etnis, memiliki kekayaan budaya yang beragam, termasuk Kabupaten Banyuwangi yang dikenal akan tradisi dan keseniannya, salah satunya tari gandrung. Namun, kurangnya media informasi yang menarik menyebabkan anak-anak kurang mengenal budaya mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan merancang media edukatif berupa buku ilustrasi interaktif bertema tari gandrung sebagai upaya pelestarian budaya. Penelitian menggunakan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif untuk menggali data mendalam terkait budaya dan preferensi visual anak-anak. Hasil peneitian ini adalah buku ilustrasi interaktif berjudul "Ceriyos Semi: Aku Ingin Belajar Tari Gandrung", yang menggabungkan elemen tradisional dan modern dalam konsep visual dan desain karakter. Gaya ilustrasi kartun dipilih untuk meningkatkan daya tarik visual dan mempermudah anak-anak memahami cerita serta pesan budaya yang disampaikan.
Downloads
References
Arisandi, R. P. P., & kadek Yudiana, I. (2023). RECONSTRUCTION OF THE IDENTITY OF FEMALE FEMALE DANCERS IN 1975-2022. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 676-689.
Creswell, J. W. (2020). Pengantar Penelitian Mixed Methods. Pustaka Pelajar., Yogyakarta.
Devara, N., Alit Artawan, C., & Tri Wahyudi, A. (2017). Perancangan Buku Panduan Interaktif Cara Menjaga Kesehatan Mata Melalui Olahraga Senam Mata Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. http://sahabatmembaca.org/2015/12/09/jenis-picture-
Dewi, A. P. (2016). Komodifikasi Tari Barong di Pulau Bali (Seni Berdasarkan Karakter Pariwisata). Panggung, 26(3), 222–233. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i3.187
Enggo, R., & Mahardika, R. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Rakyat Pulau Kemaro dari Palembang. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(1), 82-88.
Fachri, A., Batubara, A., & Anggapuspa, M. L. (2021). PERANCANGAN POP-UP BOOK ILUSTRASI ETNIS BATAK SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA 9-10 TAHUN. Jurnal Barik, 2(2), 108–120. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Hukubun, L. D. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Rakyat Suku Malind. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 1(1), 69-74.
Indrawan, D., & Jalilah, S. R. (2021). Metode Kombinasi/Campuran Bentuk Integrasi Dalam Penelitian. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 735–739. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1452
Mirnayati, M., & Sumadewa, I. N. Y. (2020). Perancangan Buku Interaktif Cerita Rakyat Lombok “Monyeh.” Jurnal SASAK: Desain Visual Dan Komunikasi, 2(2), 51–58.
Rahmadani, G. D., & Wahyuni, I. (2023). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.16
Rahmadina, N. P., Nisa, D. A., & Sutejo, A. (n.d.). Perancangan Desain Karakter untuk Buku Ilustrasi Mengenai Orang-orang Toxic. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 8(2), 2023.
Rifqi, T. J., Romadhona, M., & Masnuna, M. (2024). Perancangan Desain Karakter untuk Buku Ilustrasi Interaktif tentang Karawitan Jawatimuran. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 6297-6308.
Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382
Setiyaningrum. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.
Wibowo, A., Ekonomika, F., Bisnis, D., Kristen, U., Wacana, S., Penti, E., & Fakultas Ekonomika, K. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEBERHASILAN UKM (Studi Kasus pada Sentra Konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DESKOVI : Art and Design Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.