Perancangan Booklet Company Profile PT. BPR Rukun Karya Sari sebagai Media Promosi

Authors

  • Husnul Khuluq Rifqi Universitas Pembanguna Nasional Veteran Jawa Timur
  • Aninditya Daniar Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16511

Keywords:

Profil Perusahaan, Media Promosi, PT. BPR Rukun Karya Sari

Abstract

PT. BPR Rukun Karya Sari terletak di Desa Kedungpring, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan.Keberadaan lembaga bank pengkreditan rakyat ini Memiliki peranan penting bagi masyarakat sekitar yang menjalankan usaha kecil dan menengah. Namun dengan seiring berjalannya waktu, persaingan bisnis yang memiliki segmentasi pasar yang sama semakin ketat. Maka teramatlah penting bagi perusahaan untuk memiliki profil yang kuatSalah satu komponen dari strategi pemasaran adalah kegiatan promosi.. Perancangan Company profile sebagai sarana untuk mempromosikan perusahaan merupakan langkah yang penting untuk memperkenalkan perusahaan kepada khalayak luas. Dalam Company profile ini, disajikan informasi penting tentang perusahaan, termasuk sejarah, visi dan misi, nilai-nilai perusahaan, produk dan layanan yang ditawarkan, serta pencapaian perusahaan. Metode perancangan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, mengumpulkan data primer dan sekunder. Data primer merupakan informasi utama yang menjadi dasar untuk penelitian atau perancangan. Data primer disini sendiri meliputi wawancara, observasi tidak langsung, dan kuesioner. Sedangkan Data sekunder adalah informasi yang diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada sebelumnya. Pengumpulan data sekunder menggunakan jurnal, skrips literatur buku, website, dan portal berita yang terpercaya. Hasil perancangan diharapkan dapat meningkatkan citra perusahaan serta memperluas jangkauan promosi, sehingga mendukung keberlanjutan bisnis PT. BPR Rukun Karya Sari di tengah persaingan yang semakin kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandy, S. (2022). Impementasi Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) pada Organisasi Dakwah. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(1), 179–194. https://doi.org/https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i1.241

Agus, A. darmawan. (2022). Analisis Visual Desain Kemasan Kue Mochi Kaswari Lampion Sukabumi. JURNAL DASARUPA: DESAIN DAN SENI RUPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/dasarupa.v3i1.92

Christian, Y., & Jeonanto, N. (2023). Perancangan dan Implementasi Website Profil Perusahaan di PT. Indo Batam Ekatama. UIB Journals, 5(1), 952–961. https://doi.org/https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.8032

Daniar, A. (2023). Perancangan Booklet Panduan MB-KM Program Magang Berbasis Infografis Bagi Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. DeKaVe, 16(1), 35–42. https://doi.org/10.24821/dkv.v16i1.8234

Daymon, C., & Holloway, I. (2010). ualitative research methods in public relations and marketing communications. Routledge.

Dwi, M., Pradika, A., Swandi, W., & Mudra, W. (2020). Kajian Ilustrasi, Tipografi, Dan Warna Dalam Membentuk Estetika Pada Desain Kemasan Pod Cokelat Edisi Dark Chocolate Bali. PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(2), 59–63. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1215

El Chidtian, A. S. C. R., Alamiyah, S. S., & Atasa, D. (2023). Perancangan Kemasan Produk Kelompok Petani Kopi Sumber Wandhe. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i2.144

El Chidtian, A. S. C. R., & Sulistyono, P. A. (2024). Perancangan Strategi Marketing UMKM Dizert Dessert Di PT. Kawakibi Digital Branding. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59581/seniman-widyakarya.v2i1.1917

Fatimah, K. (2020). PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI CV. BAROTEK. IKONIK?: Jurnal Seni Dan Desain, 2(1), 13. https://doi.org/10.51804/ijsd.v2i1.607

Halim, A. G. S., & Mustamu, R. H. (2013). 36210-ID-analisis-deskriptif-strategi-bersaing-pada-perusahaan-penyedia-kebutuhan-konstru. ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN PENYEDIA KEBUTUHAN KONSTRUKSI, 1(1), 1–15.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Machali, I. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (PANDUAN PRAKTIS MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, DAN ANALISIS DALAM PENELITIAN KUANTITATIF). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/

Marta, W., Akmal, A., & Usman, R. (2022). Perancangan Visual Identity Regina Catering. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i1.46

Ningsih, Y. A., Agus, E., & Oemar, B. (2021). PERANCANGAN COMPANY PROFILE PT WIRADECON MULTI BERKAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Barik, 2(3), 97–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sayuti, M., & Fiandra, Y. (2020). Perancangan Grafis Lingkungan Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tebo. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 2(2), 9–19.

Shabrina, A. N., Fauzi, A., Fikri, A. W. N., Ramadhan, H. N., Choirudin, M., Riyandito, M. R., Ramadhani, M. N., & Hikayatuni’mah, P. A. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik dalam Menciptakan Keunggulan Kompetitif Perusahaan. JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(3), 382–387. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v4i3.1339

Syafik, M., & Murni, T. S. (2019). Analisis Penerapan Prinsip 7C dalam Meminimalisir EMINIMALISIR Resiko RESIKO Pembiayaan pada PT. BPR Rukun Karya Sari Kedungpring. JIAP: Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 5(2), 259–278. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jiap.v5i2.11888

Syahputra, R. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM ALQURAN TENTANG PROMOSI PENJUALAN. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 6(2), 83–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.8

Widyasari, Priyanto, A. D., Putranto, A. W., & Estiasih, T. (2023). Jurnal Desain Komunikasi Kreatif Redesain Logo CV . Milkinesia Nusantara sebagai Identitas Visual. 5(2), 6–12. https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i2.1

Affandy, S. (2022). Impementasi Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) pada Organisasi Dakwah. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(1), 179–194. https://doi.org/https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i1.241

Agus, A. darmawan. (2022). Analisis Visual Desain Kemasan Kue Mochi Kaswari Lampion Sukabumi. JURNAL DASARUPA: DESAIN DAN SENI RUPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/dasarupa.v3i1.92

Christian, Y., & Jeonanto, N. (2023). Perancangan dan Implementasi Website Profil Perusahaan di PT. Indo Batam Ekatama. UIB Journals, 5(1), 952–961. https://doi.org/https://doi.org/10.37253/nacospro.v5i1.8032

Daniar, A. (2023). Perancangan Booklet Panduan MB-KM Program Magang Berbasis Infografis Bagi Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. DeKaVe, 16(1), 35–42. https://doi.org/10.24821/dkv.v16i1.8234

Daymon, C., & Holloway, I. (2010). ualitative research methods in public relations and marketing communications. Routledge.

Dwi, M., Pradika, A., Swandi, W., & Mudra, W. (2020). Kajian Ilustrasi, Tipografi, Dan Warna Dalam Membentuk Estetika Pada Desain Kemasan Pod Cokelat Edisi Dark Chocolate Bali. PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(2), 59–63. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1215

El Chidtian, A. S. C. R., Alamiyah, S. S., & Atasa, D. (2023). Perancangan Kemasan Produk Kelompok Petani Kopi Sumber Wandhe. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 119–127. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i2.144

El Chidtian, A. S. C. R., & Sulistyono, P. A. (2024). Perancangan Strategi Marketing UMKM Dizert Dessert Di PT. Kawakibi Digital Branding. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59581/seniman-widyakarya.v2i1.1917

Fatimah, K. (2020). PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA PROMOSI CV. BAROTEK. IKONIK?: Jurnal Seni Dan Desain, 2(1), 13. https://doi.org/10.51804/ijsd.v2i1.607

Halim, A. G. S., & Mustamu, R. H. (2013). 36210-ID-analisis-deskriptif-strategi-bersaing-pada-perusahaan-penyedia-kebutuhan-konstru. ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN PENYEDIA KEBUTUHAN KONSTRUKSI, 1(1), 1–15.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Machali, I. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (PANDUAN PRAKTIS MERENCANAKAN, MELAKSANAKAN, DAN ANALISIS DALAM PENELITIAN KUANTITATIF). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/

Marta, W., Akmal, A., & Usman, R. (2022). Perancangan Visual Identity Regina Catering. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i1.46

Ningsih, Y. A., Agus, E., & Oemar, B. (2021). PERANCANGAN COMPANY PROFILE PT WIRADECON MULTI BERKAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Barik, 2(3), 97–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sayuti, M., & Fiandra, Y. (2020). Perancangan Grafis Lingkungan Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tebo. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 2(2), 9–19.

Shabrina, A. N., Fauzi, A., Fikri, A. W. N., Ramadhan, H. N., Choirudin, M., Riyandito, M. R., Ramadhani, M. N., & Hikayatuni’mah, P. A. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik dalam Menciptakan Keunggulan Kompetitif Perusahaan. JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(3), 382–387. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v4i3.1339

Syafik, M., & Murni, T. S. (2019). ANALISIS PENERAPAN PRINSIP 7C DALAMMEMINIMALISIR RESIKO PEMBIAYAAN PADA PT. BPR RUKUN KARYA SARI KEDUNGPRING. JIAP: Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 5(2), 259–278. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jiap.v5i2.11888

Syahputra, R. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM ALQURAN TENTANG PROMOSI PENJUALAN. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 6(2), 83–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.8

Widyasari, Priyanto, A. D., Putranto, A. W., & Estiasih, T. (2023). Jurnal Desain Komunikasi Kreatif Redesain Logo CV . Milkinesia Nusantara sebagai Identitas Visual. 5(2), 6–12. https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i2.1

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Husnul Khuluq Rifqi, Daniar, A., & Solicitor Costa Rica El Chidtian, A. (2024). Perancangan Booklet Company Profile PT. BPR Rukun Karya Sari sebagai Media Promosi . DESKOVI : Art and Design Journal, 7(2), 167–173. https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.16511