PERANCANGAN KOMIK "INTRO PALS" UNTUK MEMBERIKAN EDUKASI KEPRIBADIAN

Authors

  • Graciella Tirza Zuriel Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia
  • Marina Wardaya Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i1.16479

Keywords:

Comics, Education, Generation Z, Instagram, Introverted Personality

Abstract

Introvert dikenal sebagai kepribadian dengan energi sosial yang lebih kecil dibanding kepribadian ekstrovert. Perbedaan kebutuhan bersosialisasi, cara berkomunikasi, serta jumlah energi sosial kepribadian ini mendorong adanya kebutuhan edukasi yang jelas dan bermanfaat. Melalui permasalahan tersebut maka muncul perancangan komik Instagram “Intro Pals” yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepribadian introvert secara ringan, menarik, dan informatif. Edukasi ini ditujukan bagi kaum introvert untuk memahami dan mengelola energi sosial mereka dengan baik serta bagi kaum ekstrovert untuk memahami dan tidak salah menilai perilaku kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Melalui hasil dari seluruh metode riset yang dilakukan, komik “Intro Pals” dapat dirancang dengan baik dan maksimal sehingga bermanfaat sesuai tujuan yang telah ditentukan. Dengan adanya komik ini, kaum introvert dapat teredukasi untuk menjalani kehidupan sosial dengan sehat. Selain itu, kaum ekstrovert juga dapat lebih memahami kaum introvert dan hidup berdampingan tanpa saling merugikan. Harapan komik ini kedepannya adalah untuk mendorong perdamaian sosial antar kedua kepribadian, khususnya dalam hidup di negara Indonesia dengan budaya yang ada.

Introverts are known for having lower social energy compared to extroverted personalities. The differences in socialization needs, communication styles, and the amount of social energy in these personalities drive the necessity for clear and beneficial education. Addressing these issues led to the creation of the Instagram comic "Intro Pals," aiming to provide light, engaging, and informative education on introverted personalities. This education is intended for introverts to understand and manage their social energy effectively and for extroverts to comprehend and not misjudge introverted behaviors. The research employs a combined qualitative and quantitative method. Through the results of the entire research process, the comic "Intro Pals" can be designed well and optimally, aligning with the predetermined objectives. With the existence of this comic, introverts can be educated to lead a socially healthy life. Additionally, extroverts can gain a better understanding of introverts and coexist without causing harm to each other. The future hope for this comic is to promote social harmony between both personalities, especially in the context of living in Indonesia with its diverse culture

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, I., & Wijayanti, Q. N. (2024). Analisis Gejala Mahasiswa Kaum Introvert di Universitas Trunojoyo Madura terhadap Komunikasi Verbal .Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1), 206–215. https://doi.org/10.62281/V2I1.50

Ali, H. , L. P., Nugroho, H., Halim, T., Firdaus, K., & Huda, N. (2020). Indonesia Gen Z And Millenial Report 2020: The Battle Of Our Generation. In PT Alvara Strategi Indonesia.

Amalia, R., & Amalia, R. (2022). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi dalam Menarik Minat Pengunjung di Kopi Sadis Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 167–171. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.4929

Deliati, & Pratiwi, S. N. (2020). Psikologi Pendidikan Implementasi Dalam Strategi Pembelajaran. UMSU Press

Effendi, R. A., & Anggrianto, C. (2020). Analisis Pengaruh Brand Dan Promosi Pada Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiramisu Baileys Di Surabaya. Industri Kreatif. SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 212–220.

Fadhli, K., Rahmawati, I., Nasrulloh, M. F., Putri, F. D. L., Martina, M., & Rosyid, M. A. (2022). Penggunaan Alat Peraga TAPASAM Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bagi Anak. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.32764/ABDIMASPEN.V3I1.2280

Faradilla, N., & Ahmad, H. A. (2023). Depictions of Socio-Cultural Elements in the Anime Series Attack On Titan Through Content Analysis Method. Satwika?: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(2), 469–478. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V7I2.28147

Farfán, J., Peña, M., Fernández-Salinero, S., & Topa, G. (2020). The Moderating Role of Extroversion and Neuroticism in the Relationship between Autonomy at Work, Burnout, and Job Satisfaction. International Journal of Environmental Research and Public Health 2020, Vol. 17, Page 8166, 17(21), 8166. https://doi.org/10.3390/IJERPH17218166

Febry, A., & Safitri, D. (2021). Dismilaritas Kecanduan Pemakaian Media Sosial Generasi Y dan Generasi Z. Edukasi IPS, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.21009/EIPS.005.02.05

Granneman, J. (2017). The secret lives of introverts?: inside our hidden world. Simon and Schuster

Indriati, L. (2020). INSTAGRAM VISUAL STRATEGIES: KEY TO COMMUNICATE BRAND VALUE (STUDI KASUS: INSTAGRAM DKV UNIVERSITAS CIPUTRA). (KOMA) Desain Komunikasi Visual 25 November 2020, 12–17.

Iswanto, R., & Saniscara, P. (2017). Utilizing Instagram Social Media for Photo Corner Promotional Services in Surabaya. VCD, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37715/VCD.V2I1.568

Laakso, O. M. (2020). Animation in sequential art?: effects of animated elements on comics through Will Eisner’s theory of narrative process. Theseus

Adelia, I., & Wijayanti, Q. N. (2024). Analisis Gejala Mahasiswa Kaum Introvert di Universitas Trunojoyo Madura terhadap Komunikasi Verbal .Jurnal Media Akademik (JMA), 2(1), 206–215. https://doi.org/10.62281/V2I1.50

Ali, H. , L. P., Nugroho, H., Halim, T., Firdaus, K., & Huda, N. (2020). Indonesia Gen Z And Millenial Report 2020: The Battle Of Our Generation. In PT Alvara Strategi Indonesia.

Amalia, R., & Amalia, R. (2022). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi dalam Menarik Minat Pengunjung di Kopi Sadis Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 167–171. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.4929

Deliati, & Pratiwi, S. N. (2020). Psikologi Pendidikan Implementasi Dalam Strategi Pembelajaran. UMSU Press

Effendi, R. A., & Anggrianto, C. (2020). Analisis Pengaruh Brand Dan Promosi Pada Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiramisu Baileys Di Surabaya. Industri Kreatif. SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 212–220.

Fadhli, K., Rahmawati, I., Nasrulloh, M. F., Putri, F. D. L., Martina, M., & Rosyid, M. A. (2022). Penggunaan Alat Peraga TAPASAM Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bagi Anak. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.32764/ABDIMASPEN.V3I1.2280

Faradilla, N., & Ahmad, H. A. (2023). Depictions of Socio-Cultural Elements in the Anime Series Attack On Titan Through Content Analysis Method. Satwika?: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(2), 469–478. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V7I2.28147

Farfán, J., Peña, M., Fernández-Salinero, S., & Topa, G. (2020). The Moderating Role of Extroversion and Neuroticism in the Relationship between Autonomy at Work, Burnout, and Job Satisfaction. International Journal of Environmental Research and Public Health 2020, Vol. 17, Page 8166, 17(21), 8166. https://doi.org/10.3390/IJERPH17218166

Febry, A., & Safitri, D. (2021). Dismilaritas Kecanduan Pemakaian Media Sosial Generasi Y dan Generasi Z. Edukasi IPS, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.21009/EIPS.005.02.05

Granneman, J. (2017). The secret lives of introverts?: inside our hidden world. Simon and Schuster

Indriati, L. (2020). INSTAGRAM VISUAL STRATEGIES: KEY TO COMMUNICATE BRAND VALUE (STUDI KASUS: INSTAGRAM DKV UNIVERSITAS CIPUTRA). (KOMA) Desain Komunikasi Visual 25 November 2020, 12–17.

Iswanto, R., & Saniscara, P. (2017). Utilizing Instagram Social Media for Photo Corner Promotional Services in Surabaya. VCD, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37715/VCD.V2I1.568

Laakso, O. M. (2020). Animation in sequential art?: effects of animated elements on comics through Will Eisner’s theory of narrative process. Theseus.

Manjur, N., Mahbub, M., & Vassileva, J. (2021). Exploring the Impact of Color on User Ratings: A Personality and Culture-Based Approach. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 12684 LNCS, 200–206. https://doi.org/10.1007/978-3-030-79460-6_16/COVER

Nisa, K., Psikologi, P., & Psikologi, F. (2022). Kepribadian Introvert Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 606–613. https://doi.org/10.56248/EDUCATIVO.V1I2.79

Nittono, H., Fukushima, M., Yano, A., & Moriya, H. (2012). The power of Kawaii: viewing cute images promotes a careful behavior and narrows attentional focus. PloS One, 7(9). https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0046362

Iman, Y. U. R., Amin, A. K., & Hasanudin, C. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Siswa Introvert– Ekstrovert di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 129–136.

Rahadian, B. T. (2021). Komik?: media yang terus bergerak. Jejak Pustaka

Saputro, F. F. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram dalam Membentuk Konsep Diri Siswa SMP. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(3), 214–223. https://doi.org/10.61722/JIRS.V1I3.563

Sutanto, S. M., & Wardaya, M. (2020). THE PARADIGM SHIFT OF COMIC AS STORYTELLING MEDIA. VCD, 5(1), 57–70. https://doi.org/10.37715/VCD.V5I1.2685

Sutanto, S. M., Wardaya, M., & Budi, H. S. (2023). RECONSTRUCTION OF CREATIVE PRODUCTS BASEDUSING DESIGN THINKING APPROACH: THE “SPIRIT OF MAJAPAHIT” CASE STUDY. Jurnal ULTIMART, 16(1). https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3165

Wardaya, M. (2018). Visual Media as Assisting Instrument to Improve Students’ Listening Ability. VCD, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37715/VCD.V3I1.797

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Zuriel, G. T., & Wardaya, M. (2024). PERANCANGAN KOMIK "INTRO PALS" UNTUK MEMBERIKAN EDUKASI KEPRIBADIAN. DESKOVI : Art and Design Journal, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i1.16479

Issue

Section

Articles