Pengembangan Media Pembelajaran Musik Keroncong Berbasis Android Untuk Siswa SMK Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.16272Keywords:
Pengembangan, Aplikasi Android, Pembelajaran, Musik KeroncongAbstract
Aplikasi Android untuk pembelajaran musik keroncong di sekolah dapat mendorong kemandirian belajar dan minat siswa, serta dapat memudahkan pemahaman materi, dan praktik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Aplikasi Kromo sebagai media pembelajaran musik keroncong dengan menggunakan model Four-D Thiagarajan yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap pengembangan mencakup proses pembuatan Aplikasi Kromo, evaluasi kualitas produk oleh ahli musik keroncong dan ahli media, serta penilaian kualitas pengguna berdasarkan respon guru dan siswa dari uji coba. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa Aplikasi Kromo efektif dan praktis dengan tingkat keberhasilan sekitar 87% dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami musik keroncong. Ini berarti Aplikasi Kromo yang dikembangkan telah berhasil menjadi sebuah produk yang berkualitas, efektif, dan praktis dalam mendukung pembelajaran musik keroncong sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Harmunah. 1987. Musik Keroncong. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Dewantara, Ki Hajar. 1994. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian II: Kebudayaan, Offset Taman Siswa: Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, rivai. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung; Sinar Baru Algesindo.
Citraningsih, Diningrum., Wiranata, Ricky. 2022. Analisis SWOT Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Dasar. Humanika, 22(1), 21-40.
Harjono, Hary. 2018. Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.
Maharani, Ainur. 2020. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Musik Yogyakarta. Tesis. Universitas Hasanuddin.
Pranoto, Henry., Septiani, Christy. 2021. Buku Panduan Guru: Seni Musik. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Dirman dan Juarsih Cicih. 2014. Karakteristik Siswa dalam rangka implementasi Standar proses pendidikan siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bahri, S. (2021). Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 16–28.
Inayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Educatio, 2(2022), 295-297.
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiastuti, D. 2022. Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran-Kajian Akademik. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sigit, Safii. 2016. Buku Guru: Keroncong. Surabaya: Mandiri.
Sigit, Safii. 2016. Buku Siswa: Keroncong. Surabaya: Mandiri.
Soeharto, AH. 1996. Serba-Serbi Keroncong. Jakarta: Musika.
Gunawan, Vincentius., Karliani, Eli., Triyani,. Saefulloh, Ahmad. 2021.
Desain Fitur Aplikasi E-Learning Penunjang Pembelajaran Berbasis Android. Jepin: Jurnal Edukasi & Penelitian Informatika, 7(3), 314-321.
Waworundeng, Jacquline., Tampanguma, Deddy., Iksan. 2018. Desain Aplikasi Pembelajaran Tarian Legu Salai Berbasis Android. Proceeding Seminar Nasional Sensitek, 12 Juli, 379-384.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DESKOVI : Art and Design Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.