Papua: Surga Industri Kreatif Berbasis Budaya (Studi Kasus Industri Kreatif Noken, Lukisan Ludah Pinang Dan Papeda)

Authors

  • Efa Rubawati Syaifuddin Institut Agama Islam Negeri Sorong, Papua Barat
  • Saiful Umam Sorongnews.com

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.1618

Keywords:

industri kreatif, ludah pinang, noken, papeda, papua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami keberadaan budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai industri kreatif. Papua kaya akan industri kreatif yang berbasis budaya, dalam tulisan ini difokuskan kepada noken, lukisan ludah pinang dan papeda. Ketiganya kini mulai dikembangkan baik secara personal, organisasi maupun Pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk membuat gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena mengenai industri kreatif Noken, Ludah Pinang dan Papeda. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi pustaka, data yang dihasilkan direduksi, selanjutnya data disajikan dan dilakukan penarikan kesimpulan. Noken, lukisan ludah pinang dan Papeda adalah sebagian dari bentuk industri kreatif berbasis budaya di Papua. Masih banyak produk budaya lain yang belum dioptimalkan dengan baik. Dengan dibuatnya produk budaya menjadi industri kreatif, meskipun ada beberapa hal yang harus disesuaikan dengan pasar dan perkembangan, namun hakikatnya tidak menghilangkan esensi dasar dari budaya itu sendiri. Budaya Papua harus dijaga dan dilestarikan, salah satunya dengan mengenalkan budaya tersebut kepada generasi muda.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhruroji, Moch. (2017). Dakwah di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Gloria, Nuvola, dan Syafri Harto. (2014). Diplomasi Indonesia Terhadap UNESCO Dalam Meresmikan Noken Sebagai Warisan

Budaya Indonesia Tahun 2012." Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1.1.

Graziano. (2017, January, 19). Papeda Makanan Khas Maluku dan Papua. Makanan Indonesia. Retrieved from https://makanan-indonesia.weebly.com/home/papeda

Hidajat, Henny, dan Alethea Nathania. (2017). Perancangan Video Infografi “Noken, Warisan Budaya Tak Benda Papua. Rupa Rupa 5.1.

Indrawardana, I., (2012). Kearifan Lokal Adat Masyarakat Sunda dalam Hubungan dengan Lingkungan Alam, Jurnal Komunitas 4. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kondologit E., dan Ishak S.P. (2015). Khombow: Lukisan Kulit Kayu Masyarakat Sentani di Kampung Asei Distrik Sentani Kabupaten Jayapura. Yogyakarta: Kapel Press dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Papua.

Pikei, T. (2012). Cermin Noken Papua; Perspektif Kearifan Mata Budaya Papuani. Nabire: Ecology Papua Institute EPI.

Praestuti, C. (2020). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama-Mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB) 10.1.

Rahmat, A. (2021, December, 6). Sejumlah Komunitas Peringati Hari Noken, Noken adalah Jiwa, Noken adalah Mama. Sorongnews.com Retrieved from https://sorongnews.com/sejumlah-komunitas-peringati-hari-noken-noken-adalah-jiwa-noken-adalah-mama/

Rabrusun, F. (2021, December, 8). Komunitasi ini Minta Terapkan Perda Noken Khas Papua di Kota Sorong. Sorongnews.com. Retrieved from https://sorongnews.com/komunitas-ini-minta-terapkan-perda-noken-khas-papua-di-kota-sorong/

Ritzer, G., dan Douglas J.G. (2004). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Umam, S. (2021, December, 5). Konser Noken Ramaikan Hari Noken Sedunia di Aimas. Sorongnews.com. Retrieved from https://sorongnews.com/konser-noken-ramaikan-hari-noken-se-dunia-di-aimas/

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Syaifuddin, E. R., & Umam, S. (2022). Papua: Surga Industri Kreatif Berbasis Budaya (Studi Kasus Industri Kreatif Noken, Lukisan Ludah Pinang Dan Papeda). DESKOVI : Art and Design Journal, 5(2), 94–100. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.1618